Pemerintah Masih akan Kucurkan Rp8,6 Triliun Banpres Produktif untuk UMKM

    Eko Nordiansyah - 16 September 2020 19:20 WIB
    Pemerintah Masih akan Kucurkan Rp8,6 Triliun Banpres Produktif untuk UMKM
    Ilustrasi banpres produktif - - Foto: Antara/ Sigid Kurniawan
    Jakarta: Pemerintah masih akan mengucurkan Rp8,6 triliun bantuan presiden (banpres) produktif untuk usaha mikro kecil dan menengah (UMKM). Saat ini realisasi banpres produktif sudah mencapai Rp13,4 triliun sejak diluncurkan pada Agustus lalu.

    "Dalam waktu yang singkat, satu bulan lebih sedikit kita sudah bisa salurkan Rp13 triliun atau 66 persen," kata  Ketua Satgas Pemulihan Ekonomi Nasional Budi Gunadi Sadikin dalam video conference di Jakarta, Rabu, 16 September 2020.

    Budi menjelaskan program ini menjadi salah satu unggulan untuk membantu pelaku UMKM yang mengalami tekanan selama pandemi covid-19. Untuk itu, pemerintah berharap realisasi banpres produktif bisa terus meningkat di akhir bulan ini.

    "Kita harapkan dalam dua pekan ini banpres produktif bisa salurkan Rp8,6 triliun lagi. Jadi kita sedang bekerja keras, dengan Kemenkop UKM agar dalam dua pekan terakhir kita bisa salurkan Rp8,6 triliun," jelas dia.

    Menurutnya realisasi banpres produktif akan membantu tercapainya target realisasi anggaran program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) Rp100 triliun hingga akhir September. Selama dua bulan terakhir Satgas mencatat realisasi anggaran di sektor ekonomi mencapai Rp87,5 triliun.

    Sementara untuk dukungan UMKM, realisasi secara keseluruhan sudah mencapai Rp58,67 triliun atau 47,52 persen dari pagu Rp123,47 triliun. Realisasi terbesar untuk penempatan dana di bank yaitu Rp41,2 triliun dari pagu Rp78,8 triliun.

    Selain itu, realisasi subsidi bunga tercatat sudah Rp2,7 triliun dari Rp35,3 triliun, penjaminan kredit UMKM Rp0,1 triliun dari Rp6 triliun, PPh Final UMKM ditanggung pemerintah Rp0,3 triliun dari Rp2,4 triliun, dan pembiayaan investasi koperasi sudah terealisasi seluruhnya dari pagu Rp1 triliun.  

    (Des)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id