comscore

Sidang Paripurna Menyetujui Perry Warjiyo sebagai Gubernur BI 2018-2023

Suci Sedya Utami - 03 April 2018 13:11 WIB
Sidang Paripurna Menyetujui Perry Warjiyo sebagai Gubernur BI 2018-2023
Perry Warjiyo (kiri) dan Agus Martowardojo (tengah). (FOTO: Medcom.id/Suci Sedya Utami)
Jakarta: Rapat Paripurna DPR RI, Selasa, 3 April 2018 menyepakati hasil pembahasan Komisi XI DPR mengenai calon Gubernur Bank Indonesia (BI) dan calon Deputi Gubernur Bank Indonesia.

Dalam kesempatan tersebut Wakil Ketua Komisi XI Achmad Hafidz Thohir terlebih dahulu memaparkan hasil pembahasan di Komisi XI yang telah memutuskan secara musyawarah dan mufakat untuk menetapkan Perry Warjiyo sebagai Gubernur Bank Indonesia periode 2018-2023 menggantikan Agus DW Martowardojo yang akan mengakhiri masa jabatannya pada 24 Mei 2018. Serta memutuskan Dody Budi Waluyo sebagai Deputi Gubernur Bank Indonesia periode 2018-2023 menggantikan Perry Warjiyo yang juga akan memasuki akhir masa jabatan 15 April 2018.
Hafidz mengatakan Komisi XI mengharapkan agar para calon terpilih dapat menjaga stabilitas perekonomian nasional dalam menghadapi adanya potensi gejolak ekonomi global. Stabilitas perekonomian tersebut harus dilakukan dengan kebijakan moneter yang dititikberatkan pada upaya untuk memelihara stabilitas rupiah.

Selain itu calon terpilih juga diharapkan dapat meningkatkan koordinasi dengan pemerintah, OJK, dan DPR terkait dengan kebijakan BI di bidang moneter, makroprudensial, dan sistem pembayaran dengan tetap menjaga independensi BI.

"Kami berharap agar kebijakan-kebijakan Bank Indonesia ke depan dapat memberikan dampak langsung bagi kesejahteraan masyarakat, mengurangi kemiskinan, dan mengatasi permasalahan kesenjangan ekonomi di Indonesia," tutur Hafidz di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat.

Dari hasil laporan Komisi XI, anggota dewan dalam Rapat Paripurna yang pimpin oleh Wakil Ketua DPR Taufik Kurniawan menyetujui keputusan tersebut.

"Apakah laporan Komisi XI DPR RI mengenai hasil pembahasan calon Gubernur BI dan calon Deputi Gubernur B? dapat disetujui?" tanya Taufik pada peserta sidang dan dilanjutkan dengan jawaban setuju.

 

(AHL)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id