Meski Lebih Rendah, tapi Uang Pemda di Bank Masih Rp218,6 Triliun

    Eko Nordiansyah - 06 Januari 2021 19:46 WIB
    Meski Lebih Rendah, tapi Uang Pemda di Bank Masih Rp218,6 Triliun
    Ilustrasi. Foto : MI/Susanto.
    Jakarta: Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan, dana yang dimiliki oleh pemerintah daerah (pemda) di perbankan masih sebesar Rp218,6 triliun. Jumlah ini bukan sedikit, meski sudah lebih rendah dibandingkan dengan bulan sebelumnya.

    Pada akhir November 2020, simpanan uang pemda di bank umum turun Rp28,8 triliun atau 11,6 persen dari posisi Oktober 2020. Bahkan dibandingkan periode sama tahun lalu, simpanan pemda di bank juga lebih rendah dari Rp238,8 triliun.

    "Sebuah angka yang luar biasa besar. Ini menunjukkan bahwa pemda juga masih ada beberapa yang belum bisa mengeksekusi belanja terutama untuk penanganan covid-19," kata dia dalam video conference di Jakarta, Rabu, 6 Januari 2021.

    Ia menambahkan realisasi belanja penanganan covid-19 di 344 daerah masih relatif rendah arena pelaksanaan di daerah yang mengalami beberapa kendala. Salah satunya kebijakan belanja mendesak yang dianggarkan melalui BTT sehingga menimbulkan keterbatasan.

    Untuk belanja pemda di sektor kesehatan, Sri Mulyani menyebut, realisasinya hanya Rp13,64 triliun atau 59,3 persen dari pagu Rp23,02 triliun. Sementara belanja penanganan sosial, pemda hanya merealisasikan Rp14,79 triliun atau 66,9 persen dari Rp22,12 triliun.

    Kemudian untuk bantuan UMKM, realisasi dari pemda untuk dukungan ekonomi baru Rp2,9 triliun atau 43,2 persen dari Rp6,74 triliun. Meski begitu, ia mengakui bahwa pemda juga mengalami tekanan karena pendapatan asli daerah (PAD) yang menurun.

    "Kontribusi dari PAD dalam APBD-nya menurun dari 24,5 persen jadi hanya 22,06 persen. Namun pemda tetap bisa mendapatkan Transfer ke Daerah dan Dana Desa (TKDD) yang teralisir 99,8 persen dan oleh karena itu belanjanya masih relatif stabil," pungkasnya.

    (SAW)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id