Kemenkeu Kenang Gebrakan JB Sumarlin

    Eko Nordiansyah - 06 Februari 2020 17:27 WIB
    Kemenkeu Kenang Gebrakan JB Sumarlin
    JB Suamrlin - - Foto: MI/ ANGGA YUNIAR
    Jakarta: Menteri Keuangan era Orde Baru JB Sumarlin meninggal dunia di usia 87 tahun. Banyak warisan yang ditinggalkannya, salah satunya yakni Gebrakan Sumarlin.

    Kementerian Keuangan (Kemenkeu) mengenang sosok JB Sumarlon sebagai panutan yang berperan besar bagi perbaikan perekonomian di Indonesia pada akhir 1980an.

    "Kami di Kementerian Keuangan merasa berduka dan kehilangan sosok panutan. Beliau sangat terkenal dengan Gebrakan Sumarlin berupa Paket Kebijakan Deregulasi di Bidang Moneter, Keuangan dan Perbankan," ungkap Plt Kepala Biro Komunikasi dan Layanan Informasi Kemenkeu Nufransa Wira Sakti, dalam keterangannya, Kamis, 6 Februari 2020.

    Menurut pria yang akrab disapa Frans ini, kebijakan tersebut berhasil mengendalikan inflasi saat menjadi Menkeu. Atas hal tersebut almarhum dinobatkan menjadi Menteri Keuangan terbaik di 1989 oleh Euromoney dan pada 1990 oleh majalah Asia.

    "Mudah-mudahan almarhum mendapatkan tempat yang layak di sisi-NYA," kata dia.

    JB Sumarlin merupakan seorang ekonom senior lulusan Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia (UI) pada 1958. Semasa hidupnya, JB Sumarlin pernah menjadi Menteri Keuangan, Ketua BPK, dan Menteri Agama di era Presiden Soeharto.
     
    Selain itu, JB Sumarlin juga pernah menjabat sebagai Staf Ahli Menteri Keuangan (Desember 1968-Mei 1969), Kepala Bappenas (1983-1988), Menteri Pendidikan ad interim (1985), Menteri Keuangan Kabinet Pembangunan V (1985), hingga Guru Besar (Emeritus) Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia (sejak 2008).



    (Des)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id