Bappenas Ajukan Penambahan Anggaran Rp240 Miliar untuk 2021

    Media Indonesia - 08 September 2020 14:30 WIB
    Bappenas Ajukan Penambahan Anggaran Rp240 Miliar untuk 2021
    Menteri Perencanaan Pembangnan Nasional/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa. FotoL Medcom.id/Ilham Wibowo
    Jakarta: Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas) mengusulkan penambahan anggaran Rp240 miliar untuk 2021. Total pagu anggaran sebesar Rp1,7 triliun.

    "Bappenas mengajukan usulan tambahan rupiah murni Rp240 miliar untuk melanjutkan program prioritas," ujar Menteri PPN/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa, dalam rapat kerja dengan Komisi XI DPR RI, Selasa, 8 September 2020.

    Suharso menuturkan usulan pagu anggaran 2021 masih lebih rendah dibandingkan pagu anggaran pada 2020 sebesar Rp1,8 triliun. Ia juga menyebut, pihaknya bakal memfokuskan ke dua agenda prioritasnya ditahun depan.

    "Pada 2021 Bappenas hanya memiliki dua program, yaitu program rencana pembangunan nasional dan program dukungan manajemen," kata Suharso.

    Dalam program perencanaan pembangunan nasional terdiri dari perencanaan, pengalokasian, pengendalian. Lalu untuk program dukungan manajemen terdiri dari pelayanan dukungan manajemen, pengadaan sarana dan prasarana, serta pelayanan pengawasan internal. Suharso juga menjelaskan penambahan Rp240 Miliar ditujukan untuk Kesekretariatan Koordinasi Satu Data Indonesia (SDI).

    Bappenas sendiri memiliki tanggung jawab atas SDI tersebut. Lalu anggaran untuk kegiatan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs). Kemudian, ada kegiatan penyusunan detail desain induk pengembangan food estate nasional, lalu platform sistem pangan nasional pasca pandemi covid-19, pelaksanaan reformasi perlindungan sosial, pengembangan sistem informasi monografi desa terpadu dan lainnya.

    Dari total anggaran yang diusulkan sebesar Rp1,7 triliun, terdiri dari rupiah murni sebesar Rp1,6 triliun, pinjaman sebesar Rp84,4 miliar, dan hibah sebesar Rp65,41 miliar.  (MI/Insi Nantika Jelita)

    (DEV)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id