Pemberian THR 2021 bagi PNS Tanpa Tukin dan Insentif

    Eko Nordiansyah - 29 April 2021 15:15 WIB
    Pemberian THR 2021 bagi PNS Tanpa Tukin dan Insentif
    Ilustrasi pegawai negeri sipil (PNS) saat acara halal bihalal - - Foto: Antara/ Syaiful Arief



    Jakarta: Pemerintah akan memberikan Tunjangan Hari Raya (THR) bagi Aparatur Sipil Negara (ASN), TNI/Polri, pensiunan, hingga pejabat negara tahun ini. Namun pemberian THR tahun ini tanpa komponen tunjangan kinerja (tukin) dan insentif seperti tahun lalu.

    Dilansir dari Nota Dinas Nomor ND-134/PB/2021 yang ditandatangani Direktur Jenderal Perbendaharaan Kementerian Keuangan Hadiyanto, Kamis, 29 April 2021, THR yang diberikan yaitu gaji pokok, tunjangan keluarga, tunjangan pangan, dan tunjangan jabatan atau tunjangan umum.






    "Komponen yang tidak diberikan dalam THR 2021 adalah tunjangan kinerja, tambahan penghasilan pegawai atau sebutan lain, insentif kinerja, serta insentif kerja," tulis lampiran dalam surat tersebut.

    Tak hanya itu, komponen lain yang juga tidak dihitung dalam pemberian THR 2021 adalah tunjangan bahaya, tunjangan risiko, tambahan penghasilan bagi guru PNS, insentif khusus, tunjangan khusus provinsi Papua, tunjangan khusus wilayah kecil terluar dan perbatasan.

    Presiden Joko Widodo sebelumnya telah menandatangani Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 63 Tahun 2021 tentang pemberian Tunjangan Hari Raya (THR) dan gaji ke-13 untuk aparatur Sipil Negara (ASN), TNI-Polri, pejabat negara, dan pensiunan.

    Jokowi berharap pemberian THR dan gaji ke-13 untuk mengungkit pertumbuhan ekonomi. Menurutnya, pemberian THR menjadi salah satu program untuk mendorong peningkatan konsumsi serta meningkatkan daya beli masyarakat.

    "Bulan Ramadan dan hari raya Idulfitri diharapkan menjadi salah satu momentum untuk mendorong pertumbuhan konsumsi masyarakat yang kita harapkan ini bisa segera dinaikkan pertumbuhan ekonomi kita," ungkapnya.

    Dalam kesempatan itu, Jokowi menyebut, pencairan THR akan mulai dilakukan pada H-10 menjelang hari raya Idulfitri. Sementara itu, pencairan gaji ke-13 akan dilakukan menjelang tahun ajaran baru yang biasanya akan dimulai pada Juni-Juli.

    (Des)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id