Target Pertumbuhan Ekonomi 5% Sulit Tercapai, Ini Alasannya

    Eko Nordiansyah - 04 Maret 2021 19:07 WIB
    Target Pertumbuhan Ekonomi 5% Sulit Tercapai, Ini Alasannya
    Ilustrasi data pertumbuhan ekonomi RI - - Foto: Medcom



    Jakarta: Presiden Joko Widodo (Jokowi) menargetkan pertumbuhan ekonomi Indonesia tahun ini menyentuh angka lima persen. Sayangnya target tersebut akan sulit dicapai, meskipun pertumbuhan ekonomi berpotensi pulih dan tumbuh positif.

    Ekonom CORE Indonesia Piter Abdullah mengatakan faktor penghambat tercapainya target pertumbuhan ekonomi yakni pandemi covid-19 yang masih berlangsung serta berlanjutnya kebijakan Penerapan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).






    "Saya kira sulit untuk mencapai pertumbuhan lima persen ketika pandemi belum juga mereda dan PPKM masih cukup ketat. Kuartal I saya perkirakan pertumbuhan ekonomi masih negatif," katanya kepada Medcom.id, Kamis, 4 Maret 2021.

    Dengan perkembangan itu, target pertumbuhan ekonomi juga akan semakin sulit pada kuartal-kuartal berikutnya. Jika pandemi masih belum berakhir, tentu aktivitas sosial ekonomi masyarakat masih akan terbatas.

    "Maka pertumbuhan ekonomi pada kuartal II, III dan IV harus diatas lima persen. Saya kira sangat sulit, kecuali jika pandemi sudah bisa berakhir dan tidak ada lagi pembatasan aktivitas sosial ekonomi masyarakat," ungkapnya.


    Piter memperkirakan pertumbuhan ekonomi tahun ini bisa mencapai tiga sampai dengan empat persen saja. Angka tersebut berada di bawah target pemerintah dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2021 antara 4,5-5,5 persen.

    Adapun Presiden Jokowi sebelumnya mengakui bahwa target tersebut tidak mudah meski ia tetap optimistis. Untuk itu, Jokowi meminta semua pihak bekerja keras dalam mempercepat pemulihan perekonomian nasional dengan merespons perkembangan yang ada.

    "Kita harus bekerja dengan cara baru karena semuanya memang berubah. Meninggalkan cara lama," ujar Jokowi.

    (Des)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id