comscore

Devisa Hasil Ekspor Melonjak, Sri Mulyani Bakal Pakai untuk Jaga Daya Beli

Andhika Prasetyo - 05 April 2022 18:08 WIB
Devisa Hasil Ekspor Melonjak, Sri Mulyani Bakal Pakai untuk Jaga Daya Beli
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati - - Foto: dok AFP
Jakarta: Menteri Keuangan Sri Mulyani memastikan devisa berlebih yang terkumpul dari hasil ekspor komoditas akan dimanfaatkan untuk menjaga daya beli masyarakat.

Adapun kenaikan harga berbagai komoditas strategis seperti pangan dan energi telah memberi berkah bagi para pelaku usaha ekspor, termasuk tambahan pemasukan bagi kas negara.
"Penerimaan negara pasti naik dari sisi komoditas seperti, minyak, gas, batubara, nikel, dan CPO. Itu semua memberikan daya tambah dari sisi penerimaan negara," ujar Sri Mulyani selepas mengikuti Sidang Kabinet Paripurna di Istana Negara, Jakarta, Selasa, 5 April 2022.

Sayangnya, kenaikan harga komoditas justru membuat nilai barang-barang di tingkat konsumen ikut melambung. Karena itu, APBN masih menjadi andalan pemerintah dalam memberikan subsidi hingga bantuan sosial demi meringankan beban masyarakat.

"Tadi Bapak Presiden menginstruksikan supaya kita melihat detail harga pangan harga energi dan pilihan-pilihan kebijakan yang bisa kita ambil, salah satunya menjaga daya beli masyarakat," jelas mantan direktur pelaksana World Bank itu.

Di sisi lain, Presiden Joko Widodo meminta para menterinya mempercepat pelaksanaan program-program yang bisa mendongkrak pendapatan masyarakat seperti padat karya. Strategi-strategi tersebut diharapkan dapat menjaga kondisi perekonomian nasional yang sedang bergerak positif. 

"Kita akan betul-betul menggunakan APBN secara tepat sehingga bisa menjaga keselamatan rakyat, keselamatan ekonomi dan menjaga keselamatan APBN itu sendiri," jelasnya.

(Des)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id