Sri Mulyani Perkirakan Anggaran Kesehatan Tahun Ini Lebih dari Rp300 Triliun

    Eko Nordiansyah - 04 Agustus 2021 13:15 WIB
    Sri Mulyani Perkirakan Anggaran Kesehatan Tahun Ini Lebih dari Rp300 Triliun
    Ilustrasi. Foto: MI/Ramdani



    Jakarta Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati memperkirakan anggaran kesehatan untuk tahun ini bisa melonjak hingga lebih dari Rp300 triliun. Kenaikan anggaran ini tak lepas dari upaya pemerintah untuk menangani pandemi covid-19.

    Ia menyebut, dalam Program Pemulihan Ekonomi (PEN) 2021 saja, anggaran kesehatan untuk penanganan covid-19 mencapai Rp214,95 triliun. Alokasi anggaran ini juga sudah mengalami kenaikan dua kali dari awalnya hanya sebesar Rp176 triliun.

     



    "Total anggaran kesehatan tahun ini diproyeksikan bahkan bisa mencapai di atas Rp300 triliun. Sebuah angka yang luar biasa besar," kata dia dalam webinar di Jakarta, Rabu, 4 Agustus 2021.

    Sri Mulyani menjelaskan, instrumen APBN memang bekerja luar biasa keras untuk menahan dampak akibat pandemi covid-19. Bahkan untuk alokasi dana PEN saja, anggarannya naik dari Rp699,43 triliun menjadi Rp744,75 triliun untuk tahun ini.

    "Instrumen APBN memegang peranan luar biasa penting dalam menghadapi musibah pandemi covid-19 yang luar biasa. Sesuai dengan mandatnya, instrumen fiskal adalah instrumen untuk melakukan stabilisasi dan juga untuk distribusi serta alokasi," ungkapnya.

    Tak cuma untuk kesehatan saja, pemerintah juga menggunakan anggaran untuk bantuan sosial (bansos) bagi masyarakat dan insentif bagi dunia usaha. Anggaran perlindungan sosial juga dinaikkan dari Rp153,86 triliun menjadi Rp187,84 triliun.

    "Kami juga meningkatkan belanja untuk bansos karena masyarakat mengalami tekanan yang sangat luar biasa pada saat pemerintah harus melakukan langkah-langkah pengendalian covid-19 dengan mengurangi mobilitas," pungkas dia.

    (DEV)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id