Pengusaha AS Siap Suntik Modal Lebih Besar di Indonesia

    Desi Angriani - 05 Desember 2019 14:42 WIB
    Pengusaha AS Siap Suntik Modal Lebih Besar di Indonesia
    Wakil Menteri Luar Negeri Mahendra Siregar. Foto: MI/Ramdani.
    Jakarta: Sebanyak 46 perusahaan Amerika Serikat (AS) bakal menanamkan modal lebih besar ke Indonesia. Investasi tersebut diharapkan bisa mendukung tercapainya lima program prioritas Presiden Joko Widodo.

    "Perusahaan yang ada di pertemuan ini menyampaikan komitmen mereka untuk investasi lebih besar lagi di Indonesia," ujar Wakil Menteri Luar Negeri Mahendra Siregar di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis, 5 Desember 2019.

    Mahendra mengatakan sebagian besar perusahaan tersebut sudah melakukan ekspansi bisnisnya di dalam negeri. Sisanya, masih mempertimbangkan untuk membuka investasi di Indonesia.

    "Saya rasa 2/3 yang sudah investasi, 1/3 lagi yang belum dan akan," imbuhnya.

    Chief Executive Officer (CEO) Citi Indonesia Batara Sianturi menambahkan 46 perusahaan AS itu mendukung lima program prioritas pemerintahan Jokowi yakni pembangunan infrastruktur, pengembangan SDM, reformasi ekonomi, dan penyederhanaan regulasi.

    "Jadi kita mengharapkan follow up item ini menjadi produktif dan kita tindak bersama dengan Wamen dan juga kabinet Presiden," katanya.

    Adapun investasi yang sudah dana akan dimasuki perusahaan AS tersebut antara lain sektor manufaktur, kesehatan, jasa keuangan, wisata dan hiburan. Namun demikian, Mahendra enggan membeberkan nilai investasi dari delegasi bisnis negara Adidaya tersebut.

    "Enggak sebut angka karena memang bukan forumnya. Terlalu besar untuk bicara seperti itu," pungkas dia.

    AS merupakan mitra dagang terbesar keempat Indonesia. Bahkan kedua negara sudah menyepakati peningkatan volume perdagangan sebesar USD60 miliar hingga 2024. Investasi AS di Indonesia pun hampir mencapai USD1,2 miliar di 2019.



    (AHL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id