Banpres Produktif Sudah Terealisasi Rp13 Triliun

    Ilham wibowo - 16 September 2020 18:53 WIB
    Banpres Produktif Sudah Terealisasi Rp13 Triliun
    Ilustrasi bantuan presiden - - Foto: Antara/ Arif Firmasyah
    Jakarta: Realisasi anggaran program Bantuan Presiden (Banpres) produktif telah mencapai Rp13 triliun. Penyaluran hibah ini setara 66 persen dari target pagu yang sebesar Rp22 triliun.

    "Program Banpres Produktif dalam waktu yang singkat satu bulan lebih sedikit kita sudah bisa salurkan Rp13 triliun atau 66 persen," kata Ketua Satgas Pemulihan Ekonomi Nasional Budi Gunadi Sadikin dalam video conference di Jakarta, Rabu, 16 September 2020.

    Budi pun menargetkan penyaluran dana program banpres produktif rampung pada September 2020 guna mendongkrak pertumbuhan ekonomi. Dua pekan mendatang pemerintah berencana mendistribusikan Rp8,6 triliun bansos.

    "Program ini adalah program unggulan, karena untuk kejar target Rp100 triliun penyaluran dana pemulihan ekonomi ekonomi di kuartal III. Kita harapkan dalam dua pekan ini Banpres Produktif bisa salurkan Rp8,6 triliun lagi," paparnya.

    Data penerima banpres broduktif berasal dari koperasi, kepala-kepala dinas Pemda, bank wakaf mikro, Himbara, PNM, Pegadaian, serta Badan Layanan Umum (BLU). Data tersebut kemudian diverifikasi oleh Kemenkop UKM bersama Kementerian Keuangan, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) serta Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP).

    Adapun jumlah penerima banpres produktif diproyeksikan menyasar 15 juta usaha mikro yang belum pernah tersentuh lembaga keuangan.

    "Jadi kita sedang bekerja keras, dengan Kemenkop UKM agar dalam dua pekan terakhir kita bisa salurkan Rp8,6 triliun. Ini adalah program unggulan untuk mendukung target Rp100 triliun di kuartal III," pungkasnya.


    (Des)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id