comscore

Makin Bertambah, 7,1 Juta Wajib Pajak Sudah Lapor SPT Tahunan

Eko Nordiansyah - 18 Maret 2022 17:04 WIB
Makin Bertambah, 7,1 Juta Wajib Pajak Sudah Lapor SPT Tahunan
Ilustrasi pelaporan SPT Tahunan melalui e-Filing - - Foto: dok Kemenkeu
Jakarta: Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kementerian Keuangan mencatat jumlah wajib pajak yang telah menyampaikan Surat Pemberitahuan (SPT) Tahunan sebanyak 7,1 juta. Jumlah ini terdiri wajib pajak orang pribadi maupun wajib pajak badan.
 
"Jadi masih cukup banyak yang harus terus kita kumpulkan dan kita ingatkan," kata Direktur Jenderal Pajak Suryo Utomo dalam webinar, Jumat, 18 Maret 2022.
 
Hingga pagi tadi, pelaporan SPT mencapai 7.179.200 yang terdiri dari dari SPT orang pribadi sebanyak 6.969.775, dan sisanya merupakan SPT badan. Sementara yang menggunakan layanan elektronik ada 6.916.130, sedangkan secara manual 263.070 atau hanya 3,66 persen.
 
Suryo menambahkan, masih ada waktu sekitar dua minggu lagi bagi wajib pajak orang pribadi untuk menyampaikan SPT sebelum berakhirnya masa penyampaian pada 31 Maret mendatang. Sedangkan bagi wajib pajak badan, waktu yang dimiliki masih cukup panjang sampai 30 April.
 
"Karena SPT adalah kewajiban, membayar pajak adalah kewajiban. Mohon kiranya SPT juga disampaikan secara jelas, lengkap, dan benar," ungkap dia.
 
Adapun bagi wajib pajak yang tidak menyampaikan SPT Tahunannya akan dikenakan sanksi berupa denda sebesar Rp100 ribu untuk orang pribadi dan Rp1 juta untuk badan. Bahkan denda juga akan dikenakan kepada wajib pajak yang terlambat melaporkan SPT sampai batas akhir masa pelaporan.


(Des)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id