Sidang Tahunan MPR RI 2020

    Live: Jokowi Pertegas Pemulihan Ekonomi Bergerak Cepat

    Ilham wibowo - 14 Agustus 2020 11:24 WIB
    Live: Jokowi Pertegas Pemulihan Ekonomi Bergerak Cepat
    Presiden Joko Widodo saat membacakan pidato kenegaraan. Foto: tangkapan layar Youtube/Medcom.id.
    Jakarta: Presiden Joko Widodo menegaskan Pemerintah bergerak cepat memulihkan perekonomian nasional, sembari fokus menuntaskan masalah kesehatan akibat pandemi covid-19. Kesiapsiagaan dan kecepatan penanganan telah diuji.

    "Kita harus menyiapkan rumah sakit, rumah isolasi, obat-obatan, alat kesehatan, dan mendisiplinkan protokol kesehatan. Semuanya harus dilakukan secara cepat, dalam waktu yang sangat singkat," kata Jokowi dalam pidato kenegaraan Sidang Tahunan MPR 2020, di Jakarta, Jumat, 14 Agustus 2020.

    Gerak cepat juga berlaku di seluruh sektor kegiatan ekonomi yang terdampak akibat masalah kesehatan masyarakat. Pertumbuhan ekonomi diupayakan terus bertahan tanpa menunggu penanganan wabah berakhir.

    "Kita juga harus cepat bergerak memberikan bantuan sosial bagi masyarakat melalui bantuan sembako, bansos tunai, subsidi dan diskon tarif listrik, BLT desa, dan subsidi gaji," ungkapnya.

    Perhatian sektor yang terdampak pandemi covid-19 tak hanya bagi perusahaan besar. Program stimulus pun juga banyak menyasar Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) serta dukungan kelompok yang terkena pemutusan hubungan kerja.

    "Membantu UMKM untuk memperoleh restrukturisasi kredit, memperoleh Banpres produktif berupa bantuan modal darurat, dan membantu pembelian produk-produk mereka; membantu tenaga kerja yang menjadi korban PHK, antara lain melalui bantuan sosial dan Program Prakerja. Sesuatu yang tidak mudah," paparnya.

    Jokowi melanjutkan, Pemerintah cepat melakukan perubahan rumusan program dan menyesuaikan program kerja dengan situasi terkini. Selain itu, Pemerintah juga melakukan realokasi anggaran dalam waktu singkat serta  menerbitkan Perppu Nomor 1 Tahun 2020, yang kemudian disetujui oleh DPR menjadi UU Nomor 2 Tahun 2020,  bersinergi dengan BI, OJK, dan LPS untuk memulihkan perekonomian.

    "Perjuangan untuk menghambat penyebaran covid-19, mengobati yang sakit, dan mencegah kematian sudah luar biasa kita lakukan. Atas nama rakyat, bangsa dan negara, saya menyampaikan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada para dokter dan perawat, serta seluruh petugas di rumah sakit, di laboratorium, di klinik-klinik kesehatan, dan di rumah isolasi, kepada tokoh masyarakat, para relawan, awak media, aparat TNI dan Polri, serta para ASN di pusat dan di daerah," ucap Jokowi.

    (AHL)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id