IMF Minta Jokowi Waspadai Dampak Perlambatan Ekonomi

    Desi Angriani - 29 November 2019 07:44 WIB
    IMF Minta Jokowi Waspadai Dampak Perlambatan Ekonomi
    Presiden Joko Widodo. FOTO: MI/RAMDANI
    Jakarta: Presiden Joko Widodo (Jokowi) diminta mewaspadai dampak perlambatan ekonomi global pada tahun depan. Pesan itu disampaikan oleh Managing Director International Monetary Fund (IMF) Kristalina Georgieva beberapa waktu lalu.

    "Saya juga mendapatkan peringatan waktu bertemu dengan Managing Director IMF Kristalina Georgieva. Dia menyampaikan Presiden Jokowi, 2020 hati-hati," ungkap Jokowi dalam pertemuan tahunan Bank Indonesia di Hotel Rafless, Jakarta, Kamis malam, 28 November 2019.

    Jokowi menuturkan ekonomi dunia 2020 berdasarkan prediksi Dana Moneter Internasional akan terus turun di bawah tiga persen. Tahun ini saja IMF sudah memangkas proyeksi ekonomi global sebanyak empat kali.

    "Kemungkinan yang namanya pertumbuhan ekonomi global masih akan turun lagi," terangnya.

    Jokowi pun diminta meracik berbagai kebijakan agar ekonomi Indonesia tetap tumbuh sehat. Di antaranya menjaga fiskal tetap pruden dan mendorong indikator penggerak roda ekonomi. Misalnya, memberikan porsi lebih besar kepada swasta dalam mengerjakan proyek strategis pemerintah.

    "Kita memiliki sebuah framework, kerangka yang akan kita kejar. Berkali-kali saya sampaikan swasta berikan peluang atau opportunity, dan hati-hati jangan dikit-dikit diambil BUMN," ungkapnya.

    Selain itu, pemerintah bakal mendorong ekspor dan investasi. Di antaranya mendorong hilirisasi industri pertambangan agar menciptakan nilai tambah. Kemudian memperbaiki iklim investasi dengan mengamandemen 74 Undang-undang dalam omnibus law cipta lapangan kerja. Hal itu akan efektif dilakukan tahun depan.

    "Desember kita ajukan omnibus law ke DPR. Januari juga omnibus law kedua ke DPR, sehingga terjadi sebuah kecepatan dalam dunia usaha apabila ingin menanamkan modalnya," tutupnya.



    (ABD)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id