Sri Mulyani Ungkap Isu Riba Sering Muncul karena Adanya Disinformasi

    Eko Nordiansyah - 06 April 2021 14:29 WIB
    Sri Mulyani Ungkap Isu Riba Sering Muncul karena Adanya Disinformasi
    Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati. Foto: Dok. AFP



    Jakarta: Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyebut, isu riba sering kali dimunculkan dengan dibarengi adanya disinformasi. Pasalnya masalah riba sering dikaitkan dengan masalah pinjaman atau utang, seolah semuanya adalah riba.

    "Pembahasan mengenai isu-isu riba, pinjaman, ini sering sekali stigma dimunculkan. Seolah-olah kalau bicara tentang pinjaman kemudian identik dengan riba," kata dia dalam webinar IAEI di Jakarta, Selasa, 6 April 2021.






    Ia menyebut, isu riba ini bisa sejalan dengan fenomena suku bunga nol persen atau bahkan negatif yang dijalankan di Eropa. Apalagi jika riba dianggap sebagai pemberian bunga yang melebihi pinjaman pokok, sehingga membebani peminjam.

    "Fenomena hari ini dengan suku bunga nol persen atau negatif di Eropa, pemikiran kita apa ini (riba)? Karena kalau disebut riba, Anda mengeksploitasi mengenai asymmetric information," jelas dia.

    Sri Mulyani mengungkapkan, perbincangan soal masalah riba sering kali terjadi karena adanya informasi yang tidak lengkap. Dengan kondisi ini, satu sisi akan menerima informasi yang lebih besar meskipun informasi yang disampaikan tidak lengkap.

    Ia menegaskan, prinsip yang selalu dikedepankan oleh Islam adalah masalah keadilan. Artinya apabila ada sesuatu yang tidak berdasarkan asas keadilan, maka ini bisa melenceng dari prinsip-prinsip agama Islam. Terlebih dalam Islam pinjam meminjam dibolehkan.

    "Praktek-praktek pinjaman tapi yang masih prudent. Di dalam Al-quran pinjam-meminjam itu boleh, tapi harus di-administrasi, dicatat dengan baik, digunakan secara hati-hati," pungkasnya.

    (DEV)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id