comscore

Pengusaha Sebut PPKM Darurat akan Memperpanjang Resesi Ekonomi

Putri Anisa Yuliani - 01 Juli 2021 17:05 WIB
Pengusaha Sebut PPKM Darurat akan Memperpanjang Resesi Ekonomi
Ilustrasi perlambatan ekonomi imbas kebijakan PPKM - - Foto: dok MI
Jakarta: Kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat dinilai akan memperpanjang resesi ekonomi Indonesia. Pasalnya, kebijakan ini akan memukul dunia usaha mulai dari pusat perbelanjaan, restoran, warung makan, kafe, hingga pedagang kaki lima.
 
"Jika hal ini benar benar diterapkan akan membuat ekonomi Jakarta stagnan dan nyaris lumpuh. Sebagai kota jasa, ekonomi Jakarta akan bergairah jika pergerakan warga bebas leluasa. Sebaliknya akan stagnan jika pergerakan manusia dibatasi. Kebijakan ini bagi pelaku usaha sangat berat, dengan pembatasan jam operasional dan jumlah pengunjung tentu akan jauh menurunkan omzet, profit dan akhirnya cash flow yang semakin terjepit," kata Ketua Umum DPD HIPPI DKI Jakarta Sarman Simanjorang dilansir dari Mediaindonesia.com, Kamis, 1 Juli 2021.

Ia menjelaskan pembatasan gerak ini akan menyasar ke semua sektor usaha. Hal tersebut akan memperparah kondisi pertumbuhan ekonomi Jakarta kuartal I-2021 yang masih terkontraksi -1,65 persen akan berpotensi tetap di zona negatif pada kuartal II-2021.

Ini juga akan berdampak terhadap target pertumbuhan ekonomi nasional di kuartal II-2021 yang dipatok tujuh persen, karena PDB DKI Jakarta memberikan kontribusi 17,17 persen terhadap pertumbuhan ekonomi nasional. Jika ekonomi Jakarta masih minus di kuartal II-2021 maka agak sulit rasanya Indonesia dapat mencapai pertumbuhan ekonomi nasional di angka tujuh persen.

"Pengusaha saat ini pada posisi 3 AH yaitu ResAH, PasrAh,GelisAH, namun kita harus mendukung kebijakan ini sekalipun teramat berat untuk mempercepat pemulihan ekonomi dan pengendalian penularan covid 19. Dunia usaha sangat berharap agar efektivitas kebijakan ini benar-benar nyata kita rasakan dengan indikator bahwa selama PPKM Darurat ini kita mampu benar-benar mampu menekan laju penularan covid 19 ke level yang paling rendah," tegas Sarman.

Menurutnya ketegasan pemerintah dipertaruhkan selama pemberlakuan PPKM darurat. Ia berharap tidak ada kompromi dan tindak tegas para pelanggar PPKM darurat ini.

"Dunia usaha butuh jaminan dan kepastian untuk Indonesia cepat keluar dari krisis ini. Bangkit kembali membangun ekonomi segera keluar dari zona resesi," pungkas dia.


(Des)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id