JK Sebut Negara Masih Menanggung Utang Krisis 1998

    Nia Deviyana - 12 Januari 2019 06:03 WIB
    JK Sebut Negara Masih Menanggung Utang Krisis 1998
    Wakil Presiden Jusuf Kalla (AFP PHOTO/SONNY TUMBELAKA)
    Jakarta: Wakil Presiden Jusuf Kalla mengatakan Indonesia hingga sekarang masih menanggung bunga dari utang krisis yang terjadi pada 1998. Ia mengimbau agar hal tersebut dijadikan pelajaran berharga agar perekonomian Indonesia tidak kembali terpuruk.

    "Di 1997-1998 kita alami krisis moneter dan perbankan yang akibatnya sampai sekarang harus kita jalani. Kita masih harus membayar bunga akibat krisis saat itu," ujar JK, sapaannya saat menghadiri Pertemuan Tahunan Industri Jasa Keuangan 2019 di Ritz Carlton, Jakarta, Jumat Malam, 11 Januari 2019.
    Pada kesempatan yang sama, pria asal Makassar ini menekankan kepada para regulator untuk terus membuat kebijakan yang berkeadilan bagi semua pihak.  Lagi-lagi, JK tak ingin kondisi pada masa lalu terulang di mana pengusaha mikro yang justru memberikan subsidi kepada pengusaha besar.

    "Tanpa keadilan, ekonomi tidak akan seimbang. Pada masa lalu pengusaha besar bisa dapat kredit lebih murah dibandingkan dengan pengusaha kecil. Ini pengkhianatan terhadap keadilan bangsa," tegas dia, seraya meyakini perekonomian nasional akan tumbuh secara positif pada tahun ini seiring baiknya kinerja keuangan pada 2018.

    Sebelumnya, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menyatakan stabilitas sektor jasa keuangan selama 2018 dalam keadaan yang terjaga, di mana kondisi ini diproyeksikan akan berlanjut pada 2019.

    Sepanjang 2018, kondisi perekonomian nasional terpantau sehat dan stabil, yang tercermin dari ekonomi nasional yang tumbuh sekitar 5,15 persen, serta inflasi yang terkendali di level 3,13 persen. Pada tahun ini, perekonomian diperkirakan mampu tumbuh 5,3 persen dengan inflasi yang terjaga relatif rendah di level 3,5 persen.



    (ABD)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id