comscore

Sri Mulyani Bahas Investasi EBT dengan Bos Amazon

Eko Nordiansyah - 02 November 2021 13:04 WIB
Sri Mulyani Bahas Investasi EBT dengan Bos Amazon
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati - - Foto: dok AFP
Jakarta: Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengadakan pertemuan dengan CEO Amazon Jeff Bezos untuk membahas rencana investasi di bidang energi baru terbarukan (EBT). Pertemuan ini dilakukan di sela pertemuan Conference of the Parties ke-26 (COP26) di Glasgow, Skotlandia.

Dalam unggahannya, Sri Mulyani menyebut, ia mewakili Presiden Joko Widodo untuk bertemu dengan bos Amazon tersebut. Mereka membahas mengenai arah investasi di Indonesia di bidang renewable energy dan manufaktur solar yang didukung oleh potensi sumber daya yang ada.

"Indonesia memiliki berbagai potensi sumber daya renewable, dan dunia berupaya untuk menurunkan emisi karbon dan efek rumah kaca untuk menghindari bencana perubahan iklim," tulis Sri Mulyani dalam akun Instagram miliknya dilansir di Jakarta, Selasa, 2 November 2021.
Sri Mulyani menambahkan peranan swasta dalam negeri dan global sangat penting dalam keberhasilan upaya menangani perubahan iklim. Bahkan ia menyebut, Indonesia akan terus menyusun kebijakan yang diarahkan untuk mengurangi dampak perubahan iklim yang berdampak ke lingkungan.

"Indonesia akan terus menyusun kebijakan pembangunan ekonomi dan perbaikan kesejahteraan rakyat dengan memperhatikan kelestarian lingkungan dan dampak perubahan iklim," lanjut dia.

Pada 2016, Indonesia telah meratifikasi Paris Agreement yang di dalamnya terdapat komitmen Nationally Determined Contribution (NDC). Komitmen tersebut kemudian dipertegas menjadi bagian dari dokumen perencanaan pembangunan nasional 2020-2024 dan menjadikan penanganan perubahan iklim sebagai salah satu agenda prioritas nasional.

Indonesia menetapkan target penurunan emisi gas rumah kaca sebesar 29 persen dengan kemampuan sendiri dan 41 persen dengan dukungan internasional pada  2030. Sektor strategis yang menjadi prioritas utama adalah sektor kehutanan, serta sektor energi dan transportasi yang telah mencakup 97 persen dari total target penurunan emisi NDC Indonesia.

Bahkan pada dokumen update NDC 2021, melalui long term strategy-low carbon and climate resilience (LTS-LTCCR), Indonesia juga telah menargetkan untuk mencapai Net Zero Emission (NZE) pada 2060 atau lebih awal. Namun untuk mencapai target NDC, pemerintah perlu melakukan inovasi-inovasi instrumen kebijakan.


(Des)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id