Pemerintah Pastikan Defisit Anggaran Kembali ke 3% di 2023

    Eko Nordiansyah - 08 April 2021 13:41 WIB
    Pemerintah Pastikan Defisit Anggaran Kembali ke 3% di 2023
    Ilustrasi pelebaran defisit anggaran - - Foto: dok MI



    Jakarta: Kementerian Keuangan (Kemenkeu) berkomitmen untuk menjaga disiplin fiskal dengan target defisit anggaran kembali maksimal tiga persen dari Produk Domestik Bruto (PDB) pada 2023. Artinya pemerintah punya tiga tahun untuk merespons dampak pandemi dengan melebarkan defisit anggaran.

    Saat ini pemerintah memiliki kelonggaran untuk menaikan defisit Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN). Namun, pemerintah tetap harus menjaga pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan dan tidak terpaku terhadap pelebaran defisit anggaran.






    "Kita pastikan risiko makro fiskal itu terjaga. Disinilah kita penting sekali konsistensi kebijakan ketika kita menjaga disiplin fiskal kita," kata Kepala Badan Kebijakan Fiskal Kemenkeu Febrio Kacaribu dalam webinar Indonesia Macroeconomic Update 2021 di Jakarta, Kamis, 8 April 2021.

    Ia menambahkan disiplin fiskal dengan defisit tidak lebih dari tiga persen sudah menjadi modal pemerintah sebelum pandemi covid-19. Namun adanya pelebaran defisit juga memberi ruang agar pemerintah bisa mempertahankan dampak buruk pandemi.

    Menurut dia, realisasi defisit APBN 2020 sebesar 6,1 persen lebih baik dibandingkan negara lain yang mengalami defisit lebih dalam. Sementara pada 2021 ini, defisit anggaran ditargetkan 5,7 persen dari PDB, dan akan kembali diturunkan pada tahun depan.

    "Reformasi harus kita lanjutkan,tidak boleh gagal. Ini harus menjadi kekuatan bersama kita segala komponen bangsa bersama-sama melakukan ini. Konsolidasi jangka menengah ini akan kita lakukan bagaimana tadi saya katakan bahwa 2023 kita akan komit untuk tetap kembali ke defisit maksimum tiga persen dari PDB," pungkasnya.


    (Des)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id