Sri Mulyani Ungkap Alasan Pemerintah Terbitkan UU Penanganan Covid-19

    Eko Nordiansyah - 08 Oktober 2020 14:35 WIB
    Sri Mulyani Ungkap Alasan Pemerintah Terbitkan UU Penanganan Covid-19
    Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati. Foto: MI/Erlangga
    Jakarta: Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menjelaskan alasan pemerintah menerbitkan Undang-Undang (UU) Nomor 2 Tahun 2020 tentang Penetapan Perppu Nomor 1 Tahun 2020 tentang Kebijakan Keuangan Negara dan Stabilitas Sistem Keuangan untuk Penanganan Pandemi Covid-19.

    Menurut dia, kehadiran UU 2/2020 merupakan upaya pemerintah merespons kondisi pandemi covid-19. Tujuannya adalah melindungi segenap bangsa indonesia dan tumpah darah Indonesia sebagaimana tujuan dari para pendiri bangsa sejak Indonesia merdeka pada 1945.

    "Sebagai perwujudan tujuan dimaksud, negara harus hadir dalam setiap kondisi untuk memastikan perlindungan ke rakyatnya. Negara harus dapat memastikan adanya jaminan perlindungan bagi seluruh warga, baik dalam kondisi normal maupun tidak normal atau luar biasa," kata dia dalam Sidang Mahkamah Konstitusi dengan agenda Mendengarkan Keterangan DPR dan Presiden tentang Pengujian UU 2/2020 di Jakarta, Kamis, 8 Oktober 2020.

    Ia menambahkan, bentuk perlindungan tidak sebatas dari ancaman fisik tapi juga keseluruhan aspek kehidupan 269 juta jiwa masyarakat. Sri Mulyani menegaskan, negara harus mampu menjaga ketahanan seluruh elemen bangsa dari segala ancaman yang membahayakan negara dan masyarakat.

    (DEV)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id