Sri Mulyani: Vaksinasi Bukan Satu-Satunya Solusi di 2021

    Eko Nordiansyah - 01 Desember 2020 19:04 WIB
    Sri Mulyani: Vaksinasi Bukan Satu-Satunya Solusi di 2021
    Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati. Foto: Medcom.id/Margaret Puspitarini
    Jakarta: Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyebut ada harapan untuk ditemukannya vaksin covid-19 sehingga membuat tahun depan lebih baik. Namun, menurut dia, vaksinasi bukan satu-satunya solusi agar kondisi di 2021 membaik.

    "Sebelum vaksinasi sampai di satu titik herd immunity, maka kita juga tetap harus melakukan disiplin kesehatan. Itu disampaikan Presiden ke seluruh menteri, pimpinan lembaga," kata dia dalam video conference di Jakarta, Selasa, 1 Desember 2020.

    Ia menambahkan, fokus pemerintah pada tahun depan tetap mendorong disiplin protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran pandemi. Pasalnya protokol kesehatan menjadi salah satu cara untuk bisa meredam pandemi covid-19 semakin meluas.

    Selain itu, yang juga menjadi perhatian pemerintah adalah kekuatan dari pemulihan ekonomi nasional. Pemerintah berharap dengan level pemulihan ekonomi yang tinggi dapat menciptakan lapangan kerja yang berkurang selama pandemi covid-19.

    "Jadi pertimbangan dan fokus kita di 2021 adalah bagaimana kuatnya momentum pemulihan, bukan pada pertanyaan pulih atau tidak. Kalau pulih barangkali yang disebut rebound atau turning point terjadi, tapi tidak dijamin akan kuat dan cukup tinggi," jelas dia.

    Pada tahun depan, pemerintah mengalokasikan belanja dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2021 sebesar Rp2.750 triliun. Namun begitu, Sri Mulyani mengatakan, kendala yang dihadapi tahun depan bukan hanya soal anggaran saja.

    "Umpamanya dengan perubahan WFH, interaksi PSBB memang dibutuhkan program untuk eksekusi program sehingga dia tetap berjalan namun tetap aman. Ini diharapkan baik dari pemerintah daerah dan K/L untuk melakukan," pungkasnya.

    (DEV)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id