Sri Mulyani Optimistis Ekonomi Membaik di Kuartal IV 2020

    Eko Nordiansyah - 27 Oktober 2020 18:25 WIB
    Sri Mulyani Optimistis Ekonomi Membaik di Kuartal IV 2020
    Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati. Foto: AFP
    Jakarta: Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengaku optimistis dengan pemulihan ekonomi di kuartal IV-2020. Berbagai indikator perekonomian dinilai mulai membaik dari sisi konsumsi, investasi, ekspor, termasuk belanja pemerintah.

    Sri Mulyani mengatakan, kontribusi belanja pemerintah pada kuartal III-2020 ini bisa mencapai antara 15,5 persen sampai 18 persen. Kontribusi belanja pemerintah mengalami kenaikan cukup tajam dibandingkan dengan kuartal II yang mengalami kontraksi.

    "Waktu itu pemerintah masih dalam kontraksi karena ada perubahan-perubahan dan akselerasi belanja belum terjadi karena tiba-tiba mengalami WFH. Jadi kuartal III pemerintah kontribusikan kenaikan dari sisi pertumbuhan hingga mencapai 18 persen," kata dia dalam video conference di Jakarta, Selasa, 27 Oktober 2020.

    Ia menambahkan, kontribusi belanja pemerintah diprediksi akan tumbuh lima persen pada kuartal IV-2020. Hanya saja pertumbuhan belanja negara dipengaruhi eksekusi belanja program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) dan kementerian/lembaga tetap terjaga.

    "Untuk konsumsi rumah tangga, kita masih melihat dalam range dari sisi kuartal III hingga kuartal IV. Kita harapkan akan mulai dekati titik nol persen. Jadi kalau kemarin di kuartal II konsumsi rumah tangga mengalami kontraksi minus 5,5 persen," jelas dia.

    Lebih lanjut, Sri Mulyani menyebut, perbaikan konsumsi rumah tangga didukung pelonggaran Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Ia memperkirakan, konsumsi rumah tangga diprediksi masih akan negatif di kuartal III, dan mendekati nol persen di kuartal IV-2020.

    "Secara total, kami di Kementerian Keuangan tetap melihat untuk (pertumbuhan ekonomi) kuartal III kontraksi adalah dalam range minus satu hingga minus 2,9 dan keseluruhan tahun masih sama dengan proyeksi kemarin, minus 0,6 persen hingga minus 1,72 persen," pungkasnya.

    (DEV)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id