Sri Mulyani Waspadai Ancaman Perubahan Iklim Usai Pandemi Berakhir

    Eko Nordiansyah - 30 Maret 2021 13:06 WIB
    Sri Mulyani Waspadai Ancaman Perubahan Iklim Usai Pandemi Berakhir
    Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati - - Foto: dok AFP



    Jakarta: Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mewaspadai ancaman perubahan iklim terhadap upaya pemulihan ekonomi. Pasalnya tantangan perubahan iklim layaknya pandemi yang berdampak negatif bagi seluruh negara.

    "Untuk memulihkan ekonomi, Indonesia juga menyadari ada tantangan di level global yaitu di bidang perubahan iklim, yang sama seperti covid-19 akan mengancam seluruh dunia," katanya dalam webinar di Jakarta, Selasa, 30 Maret 2021.

    Ia menjelaskan perubahan iklim akan menyebabkan fenomena kenaikan permukaan laut dan menimbulkan efek pada siklus musim yang tidak menentu. Bahkan perubahan ini bisa menimbulkan korban jiwa maupun materi.






    "Frekuensi bencana seperti hidrometeorologi akan menyebabkan potensi bencana seperti banjir dan tanah longsor. Indonesia harus mampu untuk melihat ancaman perubahan iklim ini dan bagaimana dampaknya bagi masyarakat," ungkapnya.

    Berdasarkan studi, upaya global untuk mengurangi emisi gas rumah kaca tetap akan membuat kenaikan suhu udara mencapai 3,2 derajat celcius pada 2030. Meski ada persetujuan Paris Agreement, dunia masih akan menghadapi situasi yang tidak mudah.

    Oleh karena itu, Sri Mulyani menegaskan komitmen pemerintah Indonesia sebagai negara dengan kondisi geografis, populasi, dan ekonomi yang besar akan ikut serta mencegah terjadinya pemburukan perubahan iklim, mengingat dampaknya yang luar biasa.

    "Karena dampaknya akan sangat luar biasa bagi perekonomian dan masyarakat kita. Langkah-langkah Indonesia untuk memulihkan ekonomi akibat dampak covid tidak berarti kita merupakan agenda yang sangat penting yaitu menjaga dunia," pungkas dia.


    (Des)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id