ICAEW Ramal Ekonomi Indonesia Tumbuh 6,2% di 2021

    Ilham wibowo - 17 September 2020 14:11 WIB
    ICAEW Ramal Ekonomi Indonesia Tumbuh 6,2% di 2021
    Ilustrasi pertumbuhan ekonomi Indonesia - - Foto: Antara/ Galih Pradipta
    Jakarta: Institute of Chartered Accountants in England and Wales (ICAEW) memperkirakan ekonomi Indonesia tumbuh sebesar 6,2 persen pada 2021. Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia masih akan dipengaruhi efektivitas penanganan pandemi covid-19 dan pemulihan ekonomi.

    "Sebagai salah satu negara dengan ekonomi terbesar di kawasan ASEAN, proses pemulihan Indonesia akan sangat berpengaruh pada pertumbuhan ekonomi kawasan secara keseluruhan," kata Direktur Regional ICAEW, Tiongkok Raya dan Asia Tenggara Mark Billington melalui keterangan tertulisnya, Kamis, 17 September 2020.

    Menurutnya pemulihan ekonomi selama paruh kedua 2020 akan bervariasi di kawasan Asia Tenggara, meski aktivitas ekonomi berangsur normal. Hal tersebut bergantung pada pelonggaran kebijakan pembatasan sosial dan peningkatan permintaan ekspor masing-masing negara.


    "Laju pertumbuhan di kawasan diperkirakan akan menyusut sebesar 4,2 persen di 2020 dan Indonesia menyusut 2,7 persen pada 2020," ujarnya.

    Ia menambahkan tingkat keberhasilan penanganan covid-19 di sejumlah negara di ASEAN seperti Indonesia, Singapura, Filipina, dan Malaysia akan memperbesar disparitas dalam pertumbuhan ekonomi di kawasan tersebut.

    "Meskipun ekonomi setiap negara menderita akibat krisis, struktur ekonomi kawasan ASEAN yang unik menunjukkan bahwa krisis telah memberikan dampak yang berbeda di setiap negara. Pada akhirnya, negara-negara yang berhasil mengendalikan wabah dan kembali melanjutkan aktivitas ekonomi mereka akan dapat bangkit lebih cepat daripada negara lain di kawasan ini," paparnya. 


    (Des)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id