Kadin Optimistis Ekonomi Cerah Dipimpin Mendag Agus Suparmanto

    Ilham wibowo - 23 Oktober 2019 19:23 WIB
    Kadin Optimistis Ekonomi Cerah Dipimpin Mendag Agus Suparmanto
    Mendag Agus Suparmanto. MI/Susanto.
    Jakarta: Menteri Perdagangan (Mendag) yang kini diisi Agus Suparmanto merupakan wajah baru sebagai pembantu Presiden Joko Widodo di Kabinet Indonesia Maju. Agus telah resmi menjabat per Rabu, 23 Oktober 2019.

    Tak banyak memang publik mengenal Agus yang juga merupakan politikus dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu. Ia hanya tercatat sebagai Ketua Umum (Ketum) Pengurus Besar (PB) Ikatan Anggaran Seluruh Indonesia (IKASI) masa jabatan 2018-2022.

    Namun, berbeda dengan Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Rosan Roeslani yang mengaku cukup dekat dengan Agus Suparmanto. Agus berlatar belakang sebagai pengusaha lantaran tercatat pernah menjabat sebagai Direktur Utama PT Galangan Manggar Billiton (GMB).

    "Memang saya ini sering bertemu (Agus Suparmanto), istrinya itu sepupu saya, jadi cukup mengenal beliau," kata Rosan ditemui di Kompleks perkantoran Kemendag, Jakarta Pusat, Rabu, 23 Oktober 2019.

    Kedekatan Rosan dan Agus sebagai keluarga ikut terjalin dalam berbagai kesempatan di dunia usaha. Rosan mengakui Agus paham betul bagaimana cara meningkatkan bisnis yang bisa diimplementasikan dalam pengembangan perdagangan nasional.

    "Orangnya saya kenal tidak banyak bicara tapi banyak kerja, sangat tulus, agamanya juga sangat kuat dan sangat santun, karena kalau bertemu dengan ayah saya saja masih cium tangan," ungkap Rosan.

    Rosan optimistis capaian positif kinerja Kemendag saat ditangani Enggartiasto Lukita bakal terus berlanjut di tangan Agus. Rosan juga mengaku siap mendampingi Agus memberikan segala macam strategi yang dibutuhkan dalam meningkatkan ekspor dan menekan defisit neraca dagang.

    "Pemikiran sangat luar biasa, dan paling penting beliau ini selalu ingin belajar. Sering berdiskusi dengan saya dan punya hobi yang sama yaitu sering ke laut, dia mancing, saya diving. Saya melihatnya insya Allah baik dan saya akan beri masukan-masukan dari dunia usaha bagaimana meningkatkan perdagangan," ujarnya.

    Tantangan ekonomi global mesti dihadapi dengan sikap optimisme pencapaian hasil yang maksimal dalam merealisasikan program. Kemendag saat ini masih jadi garda terdepan dalam perundingan kesepakatan dagang dengan berbagai negara potensial.

    "Terus terang tidak gampang pada tahun mendatang tapi kita optimistis perdagangan kita akan lebih baik," kata Rosan.
     



    (DEV)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id