comscore

Perbaikan UU Cipta Kerja Dikebut, Kelar Tahun Ini!

Eko Nordiansyah - 06 Juli 2022 18:42 WIB
Perbaikan UU Cipta Kerja Dikebut, Kelar Tahun Ini!
Ilustrasi. Foto: Medcom.id
Jakarta: Pemerintah menargetkan perbaikan Undang-Undang Cipta Kerja dapat diselesaikan pada tahun ini. Hal ini seiring dengan lahirnya Undang-Undang (UU) Nomor 13 Tahun 2022 tentang Perubahan Kedua UU Pembentukan Peraturan Perundang-undangan.

"Ini secepatnya kalau bisa kita selesaikan tahun ini," kata Staf Ahli Bidang Regulasi, Penegakan Hukum dan Ketahanan Ekonomi Makro, Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Elen Setiadi dalam video conference, Rabu, 6 Juli 2022.
Ia menambahkan, perbaikan UU Cipta Kerja ini juga akan  melibatkan partisipasi publik dan masyarakat sebagaimana diatur dalam UU 13 Tahun 2022. Nantinya berbagai masukan tersebut akan dijadikan pertimbangan apakah perlu dilakukan perubahan substansi UU.

Elen menjelaskan, perubahan substansi UU mesti melalui pengajuan revisi UU Cipta Kerja ke DPR. Namun jika masukan yang diterima pemerintah tidak mengubah substansi, maka tidak akan dilakukan perbaikan melalui revisi kepada legislatif.

"Inisiatif masih dibicarakan dengan pemerintah dan DPR. Permasalahan kita dapat di masyarakat kita lihat dulu apakah persoalan normal apa di implementasinya. Implementasinya bisa regulasi di Permen dan PP karena tidak sinkron dengan atasnya," ungkapnya.
 
Baca juga: Bahlil Akui Negara Belum Maksimal Urus UMKM


Sebelum adanya UU 13 Tahun 2022, pemerintah tidak bisa dilakukan perbaikan jika terdapat kesalahan. Oleh karena itu, pemerintah saat ini berupaya mempercepat perbaikan UU Cipta Kerja yang meliputi kesalahan penulisan, salah rujuk pasal, dan sebagainya.

"Kita sadar betul ini terdapat kesalahan ketik, penulisan ini sering terjadi karena human error ini bisa dilakukan perbaikan dan dibuka koridornya di undang-undang ini," pungkas dia.


(HUS)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id