comscore

PNBP Aset Negara Tahun Ini Ditargetkan Rp1,71 Triliun

Antara - 25 Januari 2022 22:20 WIB
PNBP Aset Negara Tahun Ini Ditargetkan Rp1,71 Triliun
Ilustrasi penerimaan negara bukan pajak (PNBP) dari pengelolaan aset - - Foto: dok BTN
Jakarta: Lembaga Manajemen Aset Negara (LMAN) membidik target penerimaan negara bukan pajak (PNBP) senilai Rp1,71 triliun dalam pengelolaan aset negara pada 2022.

"Namun kami tidak akan lupa untuk pemanfaatan sosial dan ekonominya, serta untuk keberlanjutan dan peningkatan, sehingga harus dilakukan kuantifikasi," ujar Direktur Pengembangan dan Pendayagunaan LMAN Candra Giri dalam Taklimat Media: Kinerja LMAN 2021 dan Rencana Kinerja 2022, Selasa, 25 Januari 2022.
Selain mengejar target PNBP serta manfaat sosial dan ekonomi, ia mengatakan rencana kerja optimalisasi aset 2022 LMAN juga akan berupa inovasi konsep pendayagunaan melalui kerja sama pemanfaatan aset. Dalam pengembangan aset tahun depan, LMAN terus mendukung UMKM untuk pemulihan ekonomi nasional, pariwisata, hingga konsep kekinian yang sesuai dengan selera pasar.

"Ini contohnya ketika kita bicara pemanfaatan aset negara, banyak aset atau beberapa aset yang dikembangkan sebagai hub," tuturnya.


Candra menjelaskan hub adalah pusat pengembangan perekonomian yang terdapat di dalamnya berbagai unit UMKM, hingga tempat berkumpul anak muda. Selanjutnya, pada 2022 LMAN akan menguatkan merek AESIA sebagai merek aset kelolaan dan layanan Badan Layanan Umum (BLU) Kementerian Keuangan tersebut.

AESIA merupakan marketplace buatan LMAN untuk memperkenalkan kepada pasar berbagai aset negara yang akan dimanfaatkan. Ia pun menambahkan rencana kerja LMAN pada 2022 lainnya yakni mendukung Presidensi G20 melalui peningkatan nilai guna aset negara dalam rangka pemulihan ekonomi nasional dan global.

"Dalam menuju ke sana, AESIA ini akan semudah saat kita belanja daring, jadi ketika pasar ingin memanfaatkan aset negara dengan platform ini bisa semudah itu," ungkapnya.

(Des)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id