Kemenko Kemaritiman dan Polhukam Minta Tambahan Anggaran 2019

    Eko Nordiansyah - 05 September 2018 15:42 WIB
    Kemenko Kemaritiman dan Polhukam Minta Tambahan Anggaran 2019
    Menteri Koordinator bidang Polhukam Wiranto. Medcom/Dheri A.
    Jakarta: Kementerian Koordinator bidang Kemaritiman dan Kementerian Koordinator bidang Politik Hukum dan HAM (Polhukam) meminta tambahan anggaran dari pagu indikatif dalam Rancangan Anggaran Pendapatan Belanja Negara (RAPBN) 2019.

    Menteri Koordinator bidang Polhukam Wiranto mengatakan kenaikan anggaran sebesar Rp60 miliar akan digunakan untuk meningkatkan diplomasi di Pasifik Selatan. Pasalnya di wilayah itu terdapat 13 negara yang tujuh di antaranya justru mendukung kemerdekaan Papua.

    "Kita secara intens melakukan soft diplomasi, kita jelaskan. Ternyata karena kita kurang sentuh mereka, informasi tentang Papua mereka dapat justru dari Eropa," kata Wiranto dalam rapat dengan Badan Anggaran (Banggar) di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Rabu, 5 September 2018.

    Pada tahun depan, Kemenko Polhukam mendapatkan anggaran Rp281,4 miliar sesuai pagu indikatif dalam RAPBN 2019. Namun dengan tambahan anggaran sebesar Rp60 miliar, maka total anggaran Kemenko Polhumkam akan menjadi Rp341,4 miliar.

    Adapun rincian penggunaan anggaran adalah program dukungan manajemen dan pelaksanaan tugas teknis lainnya Rp141,9 miliar, program peningkatan sarana dan prasarana aparatur Rp5,5 miliar, serta program peningkatan koordinasi bidang politik dan hukum Rp194 miliar.

    Selain itu, Kemenko Kemaritiman juga meminta tambahan anggaran sebesar Rp8 miliar dari Rp254,1 miliar menjadi Rp262,1 miliar, dengan rincian program dukungan manajemen dan pelaksanaan tugas teknis lainnya 168,2 miliar, dan program koordinasi pengembangan kebijakan Rp93,8 miliar.

    Kementerian Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) tak mengajukan tambahan anggaran. Dalam pagu indikatif, Kemenko PMK mendapat Rp342,8 miliar untuk program dukungan manajemen dan pelaksanaan tugas teknis lainnya sebesar Rp152,3 miliar, serta program koordinasi pengembangan kebijakan sebesar Rp190,5 miliar.



    (SAW)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id