Gaet Milenial Melalui ORI015 Berkupon 8,25%

    Annisa ayu artanti - 04 Oktober 2018 11:20 WIB
    Gaet Milenial Melalui ORI015 Berkupon 8,25%
    Pemerintah kembali menawarkan Obligasi Negara Ritel (ORI) Seri ORI015 dengan kupon 8,25 persen per tahun. (FOTO: Medcom.id/Annisa Ayu)
    Jakarta: Pemerintah kembali menawarkan Obligasi Negara Ritel (ORI) Seri ORI015 dengan kupon 8,25 persen per tahun. Sebelumnya pemerintah telah menerbitkan SBR003 dan SBR004 masing-masing pada Mei dan September 2018.

    Melalui penerbitan ini, pemerintah berkomitmen untuk memberikan kesempatan kepada masyarakat, khususnya generasi milenial, untuk menikmati produk surat utang negara (SUN) ritel.

    Direktur Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko (PPR) Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Luky Alfirman mengatakan masa penawaran ORI015 akan berlaku pada 4-25 Oktober 2018.

    "Return-nya cukup menarik, 8,25 persen itu fix selama tiga tahun," kata Luky di Gedung Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta, Kamis, 4 Oktober 2018.

    Berdasarkan data yang dipaparkan, minimum pemesanan sebesar Rp1 juta dan maksimum pemesanan Rp3 miliar. Pemesanan dapat dilakukan di 17 mitra distribusi yang terdiri dari 15 bank umum dan dua perusahaan efek.

    Sementara itu, pembayaran kupon pertama dilakukan pada 15 November 2018 yang akan dilakukan setiap tanggal 15 per bulan. ORI015 juga mensyaratkan minimum holding periode selama dua kali pembayaran kupon.

    Direktur Surat Utang Negara (SUN) Direktorat Jenderal PPR Kemenkeu Loto Srinaita Ginting menambahkan tujuan dari penerbitan ini untuk memperluas basis investor dalam negeri dengan menyediakan alternatif investasi dan mendukung terwujudnya keuangan inklusif serta memenuhi sebagian pembiayaan APBN 2018.

    "Jadi sebenarnya uang ini digunakan untuk pemenuhan pembiayaan APBN. Tapi kami mengkhususkan untuk peningkatan kualitas pendididkan. Melalui ORI015 diharapkan meningkatkan kualitas pendidikan," jelas Loto.

    Adapun untuk 17 mitra distribusi ORI015 di antaranya PT Bank Central Asia Tbk, PT Bank CIMB Niaga Tbk, PT Bank Mandiri Tbk, PT Bank Maybank Indonesia Tbk, PT Bahana Sekuritas, dan PT Trimegah Sekuritas Indonesia Tbk.

     

    (AHL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id