Sri Mulyani Curhat 34,7% dari APBD Cuma Digunakan untuk Belanja Pegawai

    Eko Nordiansyah - 04 Mei 2021 16:31 WIB
    Sri Mulyani <i>Curhat</i> 34,7% dari APBD Cuma Digunakan untuk Belanja Pegawai
    Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati - - Foto: dok AFP



    Jakarta: Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyebut porsi belanja pegawai di Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) masih cukup tinggi. Rata-rata 34,7 persen dari belanja di APBD digunakan untuk belanja pegawai.

    "Porsi belanja pegawai masih sangat tinggi. Dalam hal ini ada yang mencapai 53,9 persen seperti Pematang Siantar dan ada yang rendah seperti Papua Barat 9,15 persen," kata dia dalam Musyawarah Perencanaan Pembangunan Nasional 2021 secara virtual, Selasa, 4 Mei 2021.






    Tak cuma itu, porsi belanja barang dan jasa non pelayanan juga masih tinggi di APBD yaitu rata-rata mencapai 10,49 persen dari total belanja di APBD. Bahkan di Mahakam Ulu porsi belanja ini bisa mencapai 33,05 persen, sedangkan di Indramayu hanya 2,5 persen.

    "Belanja modal yang selama ini diharapkan menjadi belanja produktif kita lihat juga rata-rata baru 20,2 persen, dimana di daerah Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) 47,8 persen dan Provinsi Jawa Barat hanya sekitar tujun persen," ungkapnya.

    Di sisi lain, rasio pajak dan retribusi daerah terhadap PDRB juga masih rendah dengan potensi belum tergali optimal. Dengan rata-rata hanya 0,49 persen, tertinggi di Badung yaitu 6,96 persen dan terendah ada di Deiyai yaitu 0,06 persen.

    Sementara itu, kata Sri Mulyani, Sisa Lebih Pembiayaan Anggaran (SILPA) terhadap total belanja masih tinggi. Paling tinggi, SILPA terdapat di Palu yaitu 77,21 persen, sedangkan yang terendah ada di Tapanuli Selatan yaitu 8,85 persen, dengan rata-rata 7,83 persen.

    "Jadi daerah di Indonesia begitu beragam dan bervariasi dalam kemampuan eksekusi anggarannya. Dampaknya dari sisi output terlihat apakah diukur dari akses air bersih, sanitasi, jalan, terlihat adanya perbedaan luar biasa antara daerah yang tertinggal dan daerah lain yang relatif bagus," pungkas dia.


    (Des)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id