Ekonomi RI Masih Terpusat di Jawa, Pertumbuhannya Anjlok 0,83%

    Eko Nordiansyah - 05 Mei 2021 14:54 WIB
    Ekonomi RI Masih Terpusat di Jawa, Pertumbuhannya Anjlok 0,83%
    Ilustrasi pertumbuhan ekonomi di DKI Jakarta - - Foto: dok MI



    Jakarta: Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat struktur perekonomian Indonesia secara spasial tidak berubah di kuartal I tahun ini. Perekonomian masih didominasi oleh Pulau Jawa yang memberikan kontribusi hingga 58,7 persen ke Produk Domestik Bruto (PDB).

    "Secara spasial perekonomian Indonesia masih didominasi oleh pulau Jawa dengan sumbangan 58,7 persen, kemudian disusul oleh Sumatera," kata Kepala BPS Suhariyanto dalam video conference di Jakarta, Rabu, 5 Mei 2021.






    Sayangnya, pertumbuhan ekonomi di Jawa masih mengalami kontraksi 0,83 persen. Begitu pula dengan Sumatera yang menyumbang 21,54 persen terhadap PDB masih mencatat kontraksi pertumbuhan ekonomi yaitu minus 0,86 persen.

    Ia menambahkan, kontraksi ekonomi terdalam masih dirasakan oleh Bali dan Nusa Tenggara yang tercatat minus 5,16 persen. Selain itu, pertumbuhan ekonomi di Kalimantan juga tercatat masih kontraksi 2,23 persen, sedangkan wilayah lain mulai positif.

    "Kalau kita lihat ada beberapa pulau yang sudah menunjukan pertumbuhan ekonomi yang positif, Sulawesi pertumbuhan ekonominya sudah positif 1,2 persen, Maluku dan Papua sudah positif 8,97 persen," ungkapnya.

    "Jadi dalam kuartal I ini, sudah ada 10 provinsi yang mengalami pertumbuhan positif, yang lainnya masih mengalami kontraksi. Tetapi kontraksi semakin menipis dengan catatan kontraksi di Bali masih cukup dalam," lanjut dia.

    Secara keseluruhan, pertumbuhan ekonomi Indonesia pada kuartal I 2021 masih mengalami kontraksi 0,74 persen secara year on year. Meski begitu, pertumbuhan ekonomi mengalami perbaikan dengan kontraksi yang lebih rendah dari kuartal sebelumnya.

    (Des)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id