Sri Mulyani Buka Suara soal Pajak Sembako

    Eko Nordiansyah - 10 Juni 2021 19:32 WIB
    Sri Mulyani Buka Suara soal Pajak Sembako
    Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati - - Foto: dok AFP



    Jakarta: Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati merespons rencana Pajak Pertambahan Nilai (PPN) untuk barang kebutuhan pokok. Rencana ini masuk dalam revisi kelima Undang-Undang (UU) Nomor 6 Tahun 1983 tentang Ketentuan Umum dan Tata Cara Perpajakan (KUP).

    Ia menyebut pembahasan mengenai pengenaan PPN sembako akan melibatkan DPR termasuk Komisi XI. Dalam pembahasan tersebut, baru bisa diketahui apakah kebijakan pajak ini bisa diterapkan dalam waktu dekat.

    "Apakah harus sekarang? Harus enam bulan? Apakah harus tahun depan? Itu semuanya kami ingin membahas secara penuh dengan Komisi XI," katanya dalam rapat dengan Komisi XI DPR di Jakarta, Kamis, 10 Juni 2021.

     



    Sri Mulyani menjelaskan revisi UU KUP bertujuan untuk membangun fondasi yang kokoh bagi perekonomian serta menciptakan sistem perpajakan yang sehat. Hal ini pun pernah disampaikan oleh Menkeu dalam rapat dengan Komisi XI.

    "Nah ini yang ingin kita jelaskan pada saat RUU KUP dengan Komisi XI, tentu kami sangat tergantung nanti dengan Pimpinan DPR pada saat paripurna dan sesudah disampaikan pada Komisi XI untuk kita bahas bersama," ungkap dia.

    Ia menegaskan pembahasan RUU KUP akan dilakukan secara menyeluruh meliputi implementasi, objek pajak, hingga sektor yang terkena pajak. Dengan begitu, prinsip gotong royong bisa diterapkan dalam pemajakan di Indonesia.

    "Tadi disampaikan semuanya, siapa yang pantas untuk dipajaki, itu semua harus kita bawakan dan kita presentasikan secara lengkap, by sector by pelaku ekonomi, kenapa kita sampaikan pasal ini, landasannya apa, background apa," pungkasnya.


    (Des)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id