Pemerintah Ditargetkan Kejar Pendapatan Negara Rp1.895,4 Triliun untuk 2022

    Eko Nordiansyah - 08 Juni 2021 18:57 WIB
    Pemerintah Ditargetkan Kejar Pendapatan Negara Rp1.895,4 Triliun untuk 2022
    Ilustrasi pendapatan negara - -Foto: Antara/ Wahyu Putro



    Jakarta: Panitia Kerja (Panja) Komisi XI DPR menyetujui usulan pendapatan negara 2022 sebesar 10,18 sampai 10,44 persen terhadap Produk Domestik Bruto (PDB). Artinya, pendapatan negara tahun depan ditargetkan antara Rp1.823,5 triliun hingga Rp1.895,4 triliun.

    Pendapatan negara pada 2022 terdiri dari penerimaan perpajakan sebesar Rp1.499,3 triliun hingga Rp1.528,7 triliun, Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) sebesar Rp322,4 triliun hingga Rp363,1 triliun, dan hibah sebesar Rp1,8 triliun hingga Rp3,6 triliun.

     



    "Pemerintah agar menindaklanjuti hasil Rapat Panja Pendapatan Negara 2022," kata Ketua Panja Penerimaan Komisi XI DPR RI Fathan Subchi dalam rapat kerja di Jakarta, Selasa, 8 Juni 2021.

    Pertama, ia menyebut pemerintah perlu membuat strategi dan kebijakan yang dirumuskan untuk mengantisipasi berbagai ketidakpastian dan dampak yang diakibatkan oleh pandemi covid-19 terhadap ketahanan ekonomi dan pembangunan.

    "Pemerintah agar memperbaiki perencanaan pendapatan negara pada 2022 dan memastikan angka pendapatan negara yang nantinya ditetapkan dapat terealisasikan sehingga memberikan kepastian terhadap setiap belanja negara dan pembangunan yang direncanakan," ungkapnya.

    Ketiga, pemerintah agar meningkatkan penerimaan perpajakan dari Perdagangan Melalui Sistem Elektronik (PMSE) yang semakin meningkat beberapa tahun terakhir. Keempat, pemerintah agar memaksimal data Tax Amnesty 2016 dan Informasi keuangan untuk meningkatkan penerimaan pajak. Kelima, pemerintah agar merumuskan objek cukai baru yang bisa dikenakan cukai dengan tetap memperhatikan undang-undang cukai yang sudah ada.

    "Pemerintah agar meningkatkan Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) dari sektor Sumber Daya Alam (SDA), khususnya atas perkembangan harga komoditas barang tambang yang mulai membaik beberapa waktu terakhir," pungkas dia.

    (Des)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id