Pemerintah Realokasi Sisa Anggaran Pemulihan Ekonomi Rp16 Triliun

    Eko Nordiansyah - 04 September 2020 21:08 WIB
    Pemerintah Realokasi Sisa Anggaran Pemulihan Ekonomi Rp16 Triliun
    Menteri Koordinator bidang Perekonomian Airlangga Hartarto - - Foto:dok Kementerian Keuangan
    Jakarta: Pemerintah akan merealokasi sisa anggaran dalam program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN). Saat ini baru Rp679 triliun dana yang terserap dari pagu Rp695,2 triliun. Dengan kata lain, masih ada sisa anggaran Rp16 triliun.

    "Jadi hampir seluruh program terpakai dan masih ada satu minggu mendetailkan yang perlu tambahan," kata Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto dalam video conference di Jakarta, Jumat, 4 September 2020.

    Airlangga menjelaskan realokasi anggaran ke dalam program baru tersebut ditargetkan rampung dalam satu minggu ke depan. Pemerintah pun terus melakukan evaluasi terhadap berbagai program pemulihan ekonomi nasional.

    "Usulan program-program PEN yang diusulkan agar program-program ini diselesaikan, terkait kegiatan di pusat daerah dan K/L. Kita minta seluruh realokasi anggaran diselesaikan satu minggu ini, sehingga pekan depan sudah final," jelas dia.

    Realisasi anggaran untuk program PEN sebelumnya tercatat sudah mencapai Rp211,6 triliun sampai akhir Agustus 2020. Realisasi ini sudah mencapai 30,4 persen dari total pagu yang disediakan sebesar Rp695,2 triliun.

    Jika dirinci realisasi anggaran terdiri dari bidang kesehatan Rp13,97 triliun, perlindungan sosial Rp109,94 triliun, sektoral kementerian/lembaga dan pemerintah daerah Rp16,75 triliun, insentif usaha Rp18,85 triliun, dukungan UMKM Rp52,09 triliun.

    Hanya pembiayaan korporasi yang hingga saat ini belum terealisasi dari alokasi anggaran Rp120,61 triliun. Pasalnya pemerintah masih menunggu waktu yang tepat untuk merealisasikan pembiayaan korporasi dalam program PEN ini.

    (Des)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id