Satgas PEN Percepat Penyerapan Anggaran Penanggulangan Covid-19

    Theofilus Ifan Sucipto - 29 Juli 2020 19:03 WIB
    Satgas PEN Percepat Penyerapan Anggaran Penanggulangan Covid-19
    Ilustrasi. Foto: MI/Ramdani
    Jakarta: Satuan Tugas Pemulihan Ekonomi Nasional (Satgas PEN) mempercepat penyerapan anggaran penanggulangan covid-19. Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) sempat menyinggung rendahnya realisasi stimulus covid-19.

    "Sekarang kita fokus ke beberapa hal saja yang mekanismenya sudah terbukti dilaksanakan," kata Ketua Satgas PEN Budi Gunadi Sadikin dalam telekonferensi di Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Rabu, 29 Juli 2020.

    Budi mengatakan pemerintah telah mendistribusikan beragam bantuan, mulai dari Program Keluarga Harapan (PKH) hingga Kartu Sembako.

    Namun, kata Budi, sejumlah program membutuhkan waktu agar penyerapannya maksimal seratus persen. Adapun kartu sembako realisasinya sudah di atas 60 persen.

    Wakil Menteri BUMN itu menjelaskan, angka tersebut lantaran masyarakat sudah paham cara menggunakannya. Ke depan pemerintah bakal fokus mengejar penyerapan anggaran untuk Kartu Sembako.

    “Termasuk juga bantuan untuk UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah) serta kredit dengan bunga rendah,” ujar Budi.

    Presiden Joko Widodo kembali menyebut penyerapan stimulus penanganan covid-19 belum optimal. Dari data yang ia terima, stimulus penanganan covid-19 baru 19 persen.
     
    "Ini kecepatannya masih kurang. Data 22 Juli, total stimulus penanganan covid-19 sebesar Rp695 triliun, yang terealisasi baru Rp136 triliun," kata Jokowi di Istana Negara, Jakarta Pusat, Senin, 27 Juli 2020.
     
    Stimulus untuk perlindungan sosial baru jalan 38 persen. Sementara itu, stimulus untuk UMKM baru 25 persen

    "Ini termasuk penempatan dana di himpunan bank negara (himbara) Rp30 triliun, di sektor kesehatan baru terealisasi tujuh persen. Demikian juga dukungan untuk sektoral dan pemerintah daerah juga baru terserap 6,5 persen," ujar dia.
     

    (DEV)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id