BI Sebut Inflasi Agustus 0,15%

    Ilham wibowo - 30 Agustus 2019 16:07 WIB
    BI Sebut Inflasi Agustus 0,15%
    Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo. FOTO: Medcom.id/Eko Nordiansyah
    Jakarta: Bank Indonesia (BI) telah melakukan survei kenaikan harga sejumlah komoditas selama Agustus 2019. Nilai inflasi diperkirakan sebesar 0,15 persen month to month.

    "Sampai Minggu keempat kami perkiraan Agustus ini inflasi 0,15 persen dan secara tahunan 3,47 persen," kata Gubernur BI Perry Warjiyo ditemui kompleks perkantoran BI, Jakarta Pusat, Jumat, 30 Agustus 2019.

    Sejumlah komoditas pangan masih menjadi penyebab nilai inflasi Agustus. Cabai merah tercatat jadi sumber terbesar inflasi dengan menyumbang nilai 0,11 persen disusul emas perhiasan 0,08 persen dan cabai rawit 0,05 persen.

    "Memang hampir sama dengan beberapa minggu sebelumnya, khusus cabai sudah alami penurunan meskipun relatif tinggi kenaikannya," ungkapnya.

    Perry mengatakan kenaikan harga cabai merah masih dipengaruhi oleh produksi yang terkendala cuaca. Pasokan yang sedikit terhambat membuat beberapa daerah mengalami kenaikan harga.

    "Produksi cabai merah di sejumlah daerah terganggu, produksi yang cukup baik Jawa dan Sumatra banyak diperlukan di daerah lain.

    Ia meyakini inflasi dari komoditas pangan hanya akan terjadi sementara saja. Angka inflasi hingga akhir tahun diprediksi masih di bawah 3,5 persen.

    "Deflasi masih tercatat di tarif angkutan udara 0,09 persen, bawang merah 0,07 persen kemudian daging ayam ras deflasi 0,02 persen dan komoditas sayuran," tuturnya.



    (AHL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id