comscore

Defisit Anggaran Lebih Rendah, Pemerintah Sudah Potong Utang Rp100 Triliun

Annisa ayu artanti - 23 Mei 2022 20:11 WIB
Defisit Anggaran Lebih Rendah, Pemerintah Sudah Potong Utang Rp100 Triliun
Ilustrasi utang. Foto : MI/Tri Handiyanto.
Jakarta: Pemerintah menyatakan telah memotong utang sebesar Rp100 triliun sejalan dengan perkiraan defisit Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2022 yang turun dari 4,8 persen menjadi 4,5 persen.

"Dengan defisit yang lebih rendah tadi, sebenarnya sudah disampaikan, saat ini sebenarnya kita sudah memotong utang itu sebanyak Rp100 triliun," kata Direktur Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko Kemenkeu Luky Alfirman dalam konferensi pers APBN KiTA, Senin, 23 Mei 2022.
Luky menjelaskan dalam melakukan pengelolaan utang, pemerintah akan melakukannya dalam satu kesatuan yakni pengelolaan APBN yang baik. Adapun strategi yang dilakukan adalah tetap oportunistis dan fleksibel di tengah kondisi yang masih tidak pasti.

"Strategi kita dalam kondisi yang sangat volatile dan ketidakpastian ini, kita tetap oportunistik dan juga fleksibel. Itu strategi kami," ucapnya.

Seperti diketahui, penerimaan negara hingga akhir tahun ditargetkan Rp2.266,2 triliun, terdiri dari penerimaan pajak sebesar Rp1.784 triliun dan Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) sebesar Rp481,6 triliun.

Sementara belanja pemerintah diprediksi akan naik sampai Rp3.106,4 triliun. Kenaikan ini disebabkan oleh meningkatnya subsidi energi menjadi Rp208,9 triliun dan pembayaran kompensasi BBM dan listrik sebesar Rp293,5 triliun.

Selain itu, juga terdapat penambahan perlindungan sosial Rp18,6 triliun. Dengan begitu defisit anggaran ditaksir akan menjadi Rp840,2 triliun atau 4,5 persen terhadap PDB.

(SAW)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id