• DOMPET KEMANUSIAAN LOMBOK : Tanggal 22 SEP 2018 terkumpul RP 20.111.547.901

 pajak  

Misbakhun: Pajak adalah Tulang Punggung Negara

Antara - 12 Juli 2018 08:16 wib
Anggota Komisi XI DPR RI Mukhamad Misbakhun--Istimewa
Anggota Komisi XI DPR RI Mukhamad Misbakhun--Istimewa

Jakarta: Anggota Komisi XI DPR RI Mukhamad Misbakhun mengingatkan masyarakat terhadap pentingnya pajak bagi sebuah negara. Sebab, pajak berguna memperkokoh perekonomian dalam pembangunan negara.

"Pajak adalah tulang punggung negara di Indonesia. Masyarakat harus paham betapa pajak memiliki peran penting dalam memperkokoh perekonomian nasional dan pembangunan negara," kata Misbakhun pada seminar "Membangun Kesadaran Pajak" di Jakarta, Rabu, 11 Juli 2018.

Mantan pegawai Direktorat Jenderal Pajak Kementerian Keuangan itu dalam presentasinya juga menjelaskan soal masih rendahnya kesadaran masyarakat dalam membayar pajak, yang terlihat dari tax ratio. Angka produk domestik bruto (PDB) Indonesia terus mengalami kenaikan, sedangkan tax ratio termasuk dari sumber daya alam migas dan pertambangan hanya pada angka 11 persen.

"Angka 11 persen ini jauh dari harapan. Pertanyaan besarnya adalah, kenapa sampai saat ini tax ratio cenderung menurun setiap baseline PDB kita naik?" ujarnya.

Baca: Menkeu: Pajak itu Perjuangan

Politikus Partai Golkar itu menjelaskan, seluruh bangsa Indonesia membayar pajak. Meskipun pajak yang dibayar adalah pajak pertambahan nilai (PPN). Di hadapan peserta seminar yang mayoritas adalah mahasiswa itu, Misbakhun menjelaskan, bahwa dalam teori kontrak sosial, negara mengikat masyarakatnya melalui pajak dalam model apa pun.  

"Inilah yang ingin saya sadarkan bahwa Anda tidak bisa melawan negara dalam peran menjalankan kewajiban," ujarnya.

Misbakhun menambahkan, saat ini sekitar 80 persen penerimaaan negara Indonesia dari sektor pajak dan penerimaan negara tersebut dimanfaatkan untuk pembiayaan pembangunan.

"Pajak ini adalah bagian dari kepentingan nasional. Saya berdiri di sini bertujuan ingin membangun kesadaran bersama," katanya.


(YDH)


BACA JUGA
BERITA LAINNYA

Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.