Kuartal I-2021, Ekonomi RI Masih Minus 0,74%

    Eko Nordiansyah - 05 Mei 2021 11:54 WIB
    Kuartal I-2021, Ekonomi RI Masih Minus 0,74%
    Ilustrasi data perbaikan pertumbuhan ekonomi kuartal I 2021 - - Foto: Medcom



    Jakarta: Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat pertumbuhan ekonomi Indonesia pada kuartal I-2021 masih mengalami kontraksi 0,74 persen secara year on year. Kontraksi terjadi karena pertumbuhan ekonomi kuartal I tahun lalu masih positif 2,97 persen.

    "Untuk kuartal I-2021 ini perekonomian Indonesia masih mengalami kontraksi atau minus 0,74 persen untuk year on year," kata Kepala BPS Suhariyanto dalam video conference di Jakarta, Rabu, 5 Mei 2021.






    Meski begitu, pertumbuhan ekonomi Indonesia tercatat mengalami kontraksi 0,96 persen dibandingkan dengan kuartal IV-2020. Namun, Suhariyanto menyebut pertumbuhan ekonomi mengalami perbaikan dengan kontraksi yang lebih rendah.

    "Apa yang kita capai ini menunjukan perbaikan yang cukup signifikan. Di kuartal II (2020) kita mengalami kontraksi yang sangat dalam minus 5,32 persen, kemudian terjadi perbaikan di kuartal III, dan di kuartal IV kita masih kontraksi minus 2,19 persen," ungkapnya.

    Ia menambahkan, tanda-tanda pemulihan ekonomi mulai menunjukan perbaikan dan akan semakin meningkat. Suhariyanto pun berharap pemulihan ekonomi dapat terealisasi tahun ini.

    "Secara keseluruhan, perekonomian di berbagai negara, termasuk Indonesia, mengalami perbaikan di periode kuartal I tahun ini. Tentu kita berharap, ke depan pandemi covid-19 segera berlalu dan perekonomian Indonesia semakin baik," pungkas dia.


    (Des)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id