Kementerian dan Lembaga Diperintahkan Percepat Belanja Modal

    Desi Angriani - 06 Januari 2020 15:24 WIB
    Kementerian dan Lembaga Diperintahkan Percepat Belanja Modal
    Presiden Jokowi. Foto MI/Ramdani.
    Jakarta: Presiden Joko Widodo memerintahkan kementerian dan lembaga mempercepat penyerapan anggaran atau belanja modal pada awal Januari 2020. Penyerapan anggaran dinilai akan mendorong pertumbuhan ekonomi di kuartal pertama 2020.

    "Mengingatkan kepada seluruh K/L agar belanja di bulan-bulan awal ini dipercepat, terutama berkaitan dengan anggaran-anggaran modal, belanja-belanja modal," kata Jokowi saat membuka sidang kabinet paripurna di Istana Negara, Jalan Veteran, Jakarta, Senin, 6 Januari 2020.

    Menurut Jokowi, percepatan belanja modal juga akan mempercepat pembangunan proyek pemerintah. Semua pegawai eselon juga harus memastikan penggunaan anggaran tepat sasaran.

    Hingga akhir Oktober 2019, realisasi belanja modal hanya Rp100,76 triliun atau 53,21 persen dari target Rp189,34 triliun.

    "Diingatkan ke semua eselon I, II, III, dan IV hal-hal berkaitan dengan mungkin jobdesk dan lain-lain agar segera diselesaikan," tegas Jokowi.

    Jokowi sudah menyerahkan DIPA 2020 senilai Rp1.767 triliun. Jumlah tersebut dibagikan untuk 87 kementerian dan lembaga sebesar Rp909,6 triliun, dan DIPA transfer ke daerah dan dana desa Rp856,9 triliun.



    (AZF)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id