Indonesia Harus Siap Berpartisipasi di Ekonomi Digital

    Angga Bratadharma - 15 September 2020 14:17 WIB
    Indonesia Harus Siap Berpartisipasi di Ekonomi Digital
    Ilustrasi. FOTO: Medcom.id
    Jakarta: Saat ini, perkembangan dan pentingnya teknologi semakin meningkat yang mengartikan kemampuan di bidang Science, Technology, Engineering, and Mathematics (STEM) juga semakin dibutuhkan. Kemampuan dan pengetahuan ini adalah hal fundamental untuk mendukung industri 4.0 di Indonesia.

    Diprediksikan pada 2030, Indonesia akan membutuhkan sembilan juta talenta digital dan secara terus menerus tersedia kesempatan untuk mengembangkan inovasi digital, mengatasi cybersecurity, dan berbagai kesempatan pekerjaan lainnya di era digital. Kesemuanya tentu harus dipersiapkan sedari dini agar Indonesia bisa mengambil peluang.

    "Saat ini, terdapat urgensi untuk meningkatkan kemampuan masyarakat agar dapat berpartisipasi dalam ekonomi digital," kata Division President, Southeast Asia Emerging Markets, Mastercard Safdar Khan, dalam sebuah webinar, Selasa, 15 September 2020.

    Ia menambahkan Mastercard secara aktif membuat dan mengimplementasikan inisiatif-inisiatif yang dapat menjembatani kesenjangan keterampilan digital dan memungkinkan semua orang untuk dapat terlibat dalam ekonomi digital, di manapun mereka berada. Adapun Sumber Daya Manusia (SDM) di Indonesia tentu harus siap menghadapi era digital.

    "Untuk mewujudkan hal tersebut, Mastercard bangga dapat berkolaborasi dengan Yayasan Cinta Anak Bangsa (YCAB), Kementerian Komunikasi dan Informatika, serta Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, untuk mendukung edukasi di bidang STEM bagi anak-anak perempuan di Indonesia, melalui program Girls4Tech," tuturnya.

    Dirinya meyakini inisiatif ini dapat mendukung upaya pemerintah dalam melahirkan talenta-talenta baru di bidang STEM di Tanah Air. "Serta menginspirasi generasi pemimpin-pemimpin wanita yang mampu membuka potensi transformasi ekonomi digital bangsa," ujarnya.

    Pendiri dan CEO YCAB Foundation Veronica Colondam menambahkan melalui program Girls4Tech, YCAB akan memperkenalkan sesuatu yang baru, sesuatu yang menyenangkan dan interaktif. Adapun YACB berinvestasi untuk masa depan para remaja ini sehingga mereka dapat terus maju di dunia teknologi.

    "Kami berharap dapat menciptakan masa depan dengan lebih banyak remaja perempuan yang berpartisipasi dalam bidang STEM," pungkasnya.

    (ABD)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id