comscore

Menko Airlangga Lantik Anggota Bidang Pengusaha BP Batam

Antara - 14 April 2022 11:17 WIB
Menko Airlangga Lantik Anggota Bidang Pengusaha BP Batam
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto melantik Anggota Bidang Pengusaha BP Batam. Foto: dok Biro KLIP Kemenko Perekonomian.
Jakarta: Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto melantik Wan Darussalam sebagai Anggota Bidang Pengusahaan BP Batam untuk meneruskan masa jabatan periode 2019-2024. Pelantikan ini diharapkan dapat turut mendorong pengembangan Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas (KPBPB) Batam, termasuk dalam mendukung pengembangan KEK Nongsa dan KEK Batam Aero Teknik.

Wan Darussalam merupakan pejabat yang sebelumnya berkarir selama 22 tahun di Pemerintah Kota Batam, dengan jabatan terakhir sebagai Kepala Badan Perencanaan Daerah. Dengan menempati posisi baru tersebut, diharapkan akan dapat memberikan kontribusi yang signifikan bagi BP Batam dan mempererat koordinasi pengembangan Pulau Batam dengan Pemerintah Kota Batam.
Dalam pelantikan tersebut, Airlangga mengingatkan seluruh Pimpinan BP Batam, meskipun BP Batam merupakan Badan Layanan Umum yang mengelola pendapatan berupa Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) untuk membiayai kegiatannya, namun BP Batam tetap harus menjadi fasilitator dan faktor penarik untuk pengembangan investasi di Pulau Batam.

"BP Batam harus tetap meningkatkan pelayanan dan kepastian investasi di Pulau Batam, terlebih saat kondisi global yang sangat dinamis ini," tegas Airlangga dalam keterangan tertulis, Kamis, 14 April 2022.

Airlangga menyebut BP Batam harus dapat menangkap berbagai peluang baru dengan tetap mempertahankan berbagai peluang yang ada. Untuk itu, ia meminta agar BP Batam mempercepat penyelesaian berbagai minat investasi, antara lain untuk pengembangan energi baru dan terbarukan melalui pengembangan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) terapung, data center, dan pariwisata berbasis budaya.

Selain itu, BP Batam juga perlu mempercepat pengembangan infrastruktur strategis, antara lain Bandara Hang Nadim dan Pelabuhan Batu Ampar. Pengembangan infrastruktur tersebut menjadi sangat penting untuk menjaga daya saing Pulau Batam dalam menarik investasi dan dapat menurunkan biaya logistik yang masih cukup tinggi dan kurang kompetitif, terutama bila dibandingkan dengan tetangga Pulau Batam yaitu Singapura.

Tak hanya itu, BP Batam juga diminta untuk segera menyesuaikan rencananya ke depan dengan Rencana Induk Pengembangan KPBPB Batam, Bintan, dan Karimun yang saat ini tengah diselesaikan Rancangan Perpres-nya.

Dengan pelantikan pimpinan BP Batam tersebut, Airlangga meminta BP Batam agar segera berlari kencang untuk melakukan pemulihan kegiatan perekonomian di Batam dan merealisasikan berbagai rencana atau minat investasi baru yang telah diajukan oleh investor.

"Sekali lagi, saya mengucapkan selamat kepada Saudara Wan Darussalam sebagai sebagai Anggota Bidang Pengusahaan BP Batam, semoga dapat memberikan dedikasi dan bhakti yang terbaik kepada BP Batam," ucap Airlangga mengakhiri.


(HUS)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id