Penerbitan ORI014 Tuai Kesuksesan Meski tak Capai Target

    Suci Sedya Utami - 24 Oktober 2017 19:10 WIB
    Penerbitan ORI014 Tuai Kesuksesan Meski tak Capai Target
    Gedung Kementerian Keuangan (Dokumentasi Setkab).
    medcom.id, Jakarta: Direktur Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko Kementerian Keuangan Robert Pakpahan menyatakan penerbitan Obligasi Ritel Indonesia seri ORI014 menuai kesuksesan.

    Sebab dia bilang ORI sebenarnya diperuntukkan bagi ritel. Hal tersebut ditandai dari jumlah pemesan di level Rp5 juta-Rp100 juta yang mengalami kenaikan dari penerbitan-penerbitan sebelumnya.

    "Sehingga bisa dibilang level ke-retail-an dari penerbitan ORI ini sukses," jelas Robert di Kemenkeu, Jakarta Pusat, Selasa 24 Oktober 2017.

    Adapun, jumlah pemesan terbesar ORI014 berada pada kisaran Rp5 juta-Rp100 juta yang mencapai 44,73 persen dari total pemesanan. Sedangkan dalam delapan tahun terakhir, pemesan ORI pada kisaran Rp100 juta-Rp500 juta.

    Sementara itu, Robert menjelaskan tren suku bunga murah membuat penawaran atau pembelian ORI014 di bawah jumlah yang ditawarkan.

    Dalam penerbitan ORI014 sebesar Rp8,975 triliun, penawarannya yakni sebesar Rp8,948 triliun. Capaian tersebut juga lebih rendah dibanding target indikatif Rp13,4 triliun.

    "Sekarang kan Indonesia kecenderungan tingkat bunga turun, sehingga kuponnya 5,85 persen tergolong rendah selama ini dan memang mencerminkan secondary market di pasar SBN waktu itu," jelas dia.

    Kendati tidak tercapai, Robert yakin bahwa dari segi pembiayaan raihan secara total bakal tertutupi oleh opsi lain seperti lelang dan sebagainya.

     

    (SAW)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id