Tarik Minat Investor, Pemerintah Siap Kucuri Insentif

    Eko Nordiansyah - 21 November 2019 13:26 WIB
    Tarik Minat Investor, Pemerintah Siap Kucuri Insentif
    Menteri Keuangan Sri Mulyani. FOTO: MI/Panca Syurkani.
    Jakarta: Pemerintah menyiapkan sejumlah insentif bagi para investor yang mau menanamkan modalnya di Indonesia. Untuk fiskal saja, pemerintah menyiapkan insentif mulai dari tax holiday, tax allowance, hingga super deductable tax untuk menarik minat investasi.

    "Ketika Anda datang berinvestasi, Anda bisa dapatkan insentif lebih lanjut," kata Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati dalam US-Indonesia Investment Summit 2019, di Hotel Mandarin Oriental, Jakarta Pusat, Kamis, 21 November 2019.

    Dirinya menambahkan berbagai insentif tadi diharapkan bisa mendorong terciptanya lapangan kerja serta mendukung pengembangan vokasi di Indonesia. Bahkan pemerintah memberikan super tax deduction untuk proyek-proyek di industri padat karya.

    "Ini memberikan sinyal kepada investor bahwa anda tidak hanya disambut di sini, tapi juga berikan insentif agar uang yang Anda bawa, teknologi dan pengetahuan yang Anda bawa, akan benar-benar ciptakan kegiatan produktif di Indonesia," jelas dia.

    Saat ini, total realisasi dari tax allowance dan tax holiday sudah mencapai lebih dari Rp804 triliun. Menurut dia, dua kebijakan ini selaras untuk menciptakan semangat penyederhanaan dan kepastian dari pemerintah demi mendatangkan investasi.

    "Tax holiday diberikan dengan kualifikasi industri pionir untuk 18 industri. Sementara tax allowance yang dimutakhirkan baru-baru ini sudah lebih menjangkau lebih dari Rp285 triliun, 158 fasilitas, dan 140 pembayar wajib pajak," ungkapnya.

    "Untuk tax holiday kita berikan dengan kualifikasi mudah, jumlah investasi yang diberikan dan itu selagi Anda berada di sektor ini, saat ini kita sudah menerima lebih dari Rp519 triliun, 44 wajib pajak, terdiri dari 35 asing, dan sembilan domestik," tambah dia.



    (AHL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id