Sewa Hotel Pasien Covid-19, Anggaran BNPB Ditambah Rp3,5 Triliun

    Eko Nordiansyah - 15 September 2020 20:16 WIB
    Sewa Hotel Pasien Covid-19, Anggaran BNPB Ditambah Rp3,5 Triliun
    Ilustrasi penanganan pasien covid-19 - - Foto: Antara/ M. Agung Rajasa
    Jakarta: Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mendapat tambahan anggaran sebesar Rp3,5 triliun untuk antisipasi kebutuhan ruang isolasi pasien covid-19 di sejumlah hotel.

    "Anggaran yang dialokasikan tambahan Rp3,5 triliun untuk BNPB tentu termasuk antisipasi kemungkinan penggunaan hotel-hotel untuk ruang isolasi pasien," kata Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati dalam video conference di Jakarta, Selasa, 15 September 2020.

    Tak hanya sewa hotel, tambahan ruang isolasi pasien covid-19 juga dilakukan di Wisma Atlet Kemayoran Jakarta Pusat. Saat ini total ada empat tower yang digunakan untuk merawat pasien covid-19.


    "Beberapa tower sudah ditambahkan, kalau enggak salah tower 6 dan 7, dan beberapa di Wisma Atlet. Jadi sekarang ini kita lihat penggunaan maksimal, termasuk beberapa yang sudah ditetapkan pemerintah seperti gedung-gedung pelatihan yang sekarang digunakan untuk isolasi," jelas dia.

    Ia menambahkan pemerintah masih fokus dalam memanfaatkan fasilitas dan ketersediaan anggaran yang dimiliki. Adapun realisasi anggaran kesehatan  dalam program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) sebesar Rp15,8 triliun. Realisasi anggaran terus mengalami peningkatan dari pagu yang disediakan sebesar Rp87,5 triliun.

    Dikutip dari data Satgas Penanganan Covid-19 di laman covid19.go.id pada hari ini, jumlah pasien terkonfirmasi positif covid-19 di Indonesia bertambah 3.507 orang sehari. Total pasien covid-19 menjadi 225.030 orang.

    Penambahan kasus ini berdasarkan hasil pemeriksaan dengan metode polymerase chain reaction (PCR) dan tes cepat molekuler (TCM) terhadap 42.636 spesimen. Sedangkan, pasien yang sembuh bertambah 2.660 orang, sehingga total menjadi 161.065 orang.

    (Des)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id