Sewa Tanah Proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung Diskon 85%

    Eko Nordiansyah - 18 September 2020 21:17 WIB
    Sewa Tanah Proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung Diskon 85%
    terowongan Walini proyek kereta cepat Jakarta-Bandung - - Foto: Agung Rajasa
    Jakarta: Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) Kementerian Keuangan memberikan diskon sebesar 85 persen untuk sewa tanah dalam proyek kereta cepat Jakarta-Bandung.

    Pemberian diskon ini sebagaimana diatur dalam Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 115 Tahun 2020 tentang Pemanfaatan Barang Milik Negara (BMN). PMK tersebut menyederhanakan proses bisnis dan penyesuaian tarif pemanfaatan aset negara atau BMN.

    "Kita kasih diskon 85 persen. Dengan harapan, itu mendukung pengembangan infrastruktur kereta cepat Jakarta-Bandung," kata Direktur Pengelolaan kekayaan Negara dan Sistem Informasi DJKN Purnama T. Sianturi dalam video conference di Jakarta, Jumat, 18 September 2020.

    Sebelumnya, sewa BMN dalam rangka penyediaan infrastruktur pada proyek kereta cepat Jakarta-Bandung dengan jangka waktu 50 tahun memiliki nilai Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) sebesar Rp1,16 triliun.

    "Nah dengan perhitungan keekonomian, ditetapkan jadi 15 persen. Kalau ditanya berapa 15 persen ini? Sudah ada angka Rp436 miliar. Ini sudah melihat semua aspek ekonomi," jelas dia.

    Pemerintah berharap pemberian diskon ini bisa mendukung ketersediaan transportasi publik modern berupa kereta cepat yang terjangkau antara Jakarta dan Bandung. Selain itu, masih ada diskon yang diberikan untuk proyek infrastruktur lainnya.

    "Contoh lain Bandara Ahmad Yani, kerja sama pemanfaatan sudah berjalan, mereka membayarkan kontribusi tetap kepada negara setiap tahun. Contoh lain lagi Bandara Sentani," pungkas dia.  

    (Des)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id