comscore

Sri Mulyani Resmi Tambah PMN Rp43,3 Triliun, Ada Buat Kereta Cepat

Eko Nordiansyah - 15 Desember 2021 18:52 WIB
Sri Mulyani Resmi Tambah PMN Rp43,3 Triliun, Ada Buat Kereta Cepat
Ilustrasi. Foto: MI/Ramdani
Jakarta: Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati resmi memberikan tambahan Penyertaan Modal Negara (PMN) kepada sejumlah badan usaha milik negara (BUMN). Total tambahan PMN yang akan disalurkan tahun ini telah disepakati bersama Komisi XI DPR mencapai Rp43,3 triliun.

"Sudah kita sepakati di Panja. Jadi cukup ya kita sepakati," tanya Ketua Komisi XI DPR Dito Ganinduto yang diikuti oleh kesepakatan para anggotanya dalam rapat, Rabu, 15 Desember 2021.
Sri Mulyani mengungkapkan, pemberian tambahan PMN ini berasal dari cadangan dana Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) maupun Sisa Anggaran Lebih (SAL). Salah satu BUMN yang mendapatkan PMN yaitu PT Kereta Api Indonesia (Persero)untuk memenuhi kebutuhan base equity proyek kereta cepat Jakarta-Bandung (KCJB).

"Kami sebagai bendahara umum negara menggarisbawahi dan menyetujui yang disampaikan pimpinan Komisi XI DPR terutama berkaitan dengan PMN yang diterima masing-masing BUMN," ujar dia.

KAI sendiri mendapatkan tambahan sebesar Rp4,3 triliun untuk proyek kereta cepat. Selain itu KAI juga mendapatkan suntikan modal untuk untuk proyek LRT Jabodetabek yang mengalami cost overrun sebesar Rp2,6 triliun, sehingga total tambahan PMN yang didapatkan mencapai Rp6,9 triliun.

Tambahan PMN juga diberikan kepada Hutama Karya sebesar Rp9,1 triliun dari cadangan PEN dan Rp9,9 triliun dari dana SAL. Padahal sebelumnya, Hutama Karya telah mendapatkan PMN dalam APBN 2021 sebesar Rp6,21 triliun, sehingga total akan mendapatkan suntikan Rp25,2 triliun.

Kemudian PT Waskita Karya (Persero) mendapatkan PMN sebesar Rp7,9 triliun. Selain itu, pemerintah juga memberikan suntikan modal bagi Badan Bank Tanah sebesar Rp1 triliun, Lembaga Pengelola Investasi (LPI) Rp15 triliun, dan Lembaga Manajemen Aset Negara (LMAN) Rp3,3 triliun.

(DEV)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id