comscore

Sri Mulyani Bakal Kurangi Utang Negara hingga Rp100 Triliun

Eko Nordiansyah - 13 April 2022 11:26 WIB
Sri Mulyani Bakal Kurangi Utang Negara hingga Rp100 Triliun
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati. FOTO: Kementerian Keuangan
Jakarta: Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati menyebut akan menurunkan penarikan utang hingga Rp100 triliun. Dalam hal ini, pemerintah akan mengandalkan Sisa Anggaran Lebih (SAL) untuk membiayai kebutuhan belanja.

Ia menjelaskan, pemerintah akan mengurangi penerbitan surat berharga di tengah risiko yang ada. Saat ini pasar surat berharga mengalami volatilitas imbas perang di Rusia dan Ukraina, serta normalisasi kebijakan moneter di negara maju.
"Kita akan mengurangi issuance dari utang. Dengan penggunaan SAL, paling tidak sampai dengan Maret ini penurunan (penerbitan utang) Rp100 triliun," kata dia, dalam video conference, Rabu, 13 April 2022.

Sri Mulyani menyebut pemerintah akan melakukan adjustment terkait jumlah surat utang yang akan diterbitkan, tenor dari surat berharga, serta waktu penerbitan. Di sisi lain komposisi mata uang dari surat berharga juga akan diperhatikan.

"Kita terus melakukan rekalibrasi dan seperti yang selalu kami sampaikan, kita akan selalu melihat secara opportunistic berbagai situasi yang kita hadapi serta tren ke depan," ungkapnya.

Selain itu, Sri Mulyani optimistis penerimaan negara akan mengalami kenaikan didorong oleh peningkatan harga komoditas. Oleh karena itu, pembiayaan utang melalui penerbitan surat berharga akan dilakukan secara hati-hati.

"Dengan adanya penerimaan negara yang cukup tinggi dan juga sisa anggaran lebih tahun lalu, kita mampu untuk melakukan pemanfaatan optimalisasi sisa anggaran lebih tahun lalu dan potensi mengurangi defisit (anggaran) kita," pungkas dia.


(ABD)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id