comscore

Bappenas: Optimalisasi Penerimaan Negara Tekan Utang

M Ilham Ramadhan - 25 Mei 2022 20:01 WIB
Bappenas: Optimalisasi Penerimaan Negara Tekan Utang
Ilustrasi. FOTO: Dok MI/PANCA SYURKANI
Jakarta: Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Bappenas mendorong upaya peningkatan penerimaan perpajakan untuk menekan pembiayaan anggaran melalui utang. Hal ini akan menjadi upaya untuk mencapai konsolidasi fiskal dan pengendalian utang.
 
"Hal yang menjadi salah satu concern kita adalah bagaimana kebutuhan dari pembiayaan defisit sedapat mungkin akan terus dibiayai oleh peningkatan penerimaan perpajakan," kata Deputi Bidang Ekonomi Kementerian PPN/Bappenas Amalia Adininggar Widyasanti pada webinar bertajuk Menghadapi Krisis Utang Negara-negara Berkembang di Masa Pandemi Covid-19 dan Krisis Rusia-Ukraina: Sudut Pandang Indonesia, Rabu, 25 Mei 2022.
 
Upaya peningkatan penerimaan perpajakan merupakan fokus yang akan dilakukan pemerintah di masa pemulihan ekonomi. Amalia mengatakan, berbagai kebijakan juga telah dikeluarkan pemerintah untuk mengerek rasio pajak (tax ratio) Indonesia yang saat ini masih terlampau rendah.
 
Tax ratio akan diupayakan mampu menembus 10 persen di tahun-tahun mendatang. Apalagi reformasi perpajakan telah dilakukan melalui Undang Undang 7/2021 tentang Harmonisasi Peraturan Perpajakan (HPP).
 
"Sekarang ini kalau kita bandingkan dengan negara lain, peningkatan perpajakan kita terhadap PDB itu relatif tidak sebaik negara tetangga," jelas Amalia.
 
Optimalisasi sumber pendapatan negara itu diharapkan mampu menekan penarikan utang untuk pembiayaan anggaran. Dari situ pula nanti defisit anggaran dapat dipersempit dan menekan pembiayaan.
 
Kendati level utang Indonesia masih berada di kategori yang aman, namun sedapat mungkin itu dapat dikurangi. Amalia menyatakan, bila utang dapat dikendalikan dan ditekan, maka beban bunga utang yang harus dibayar juga akan ikut terkendali.
 
"Karena beban belanja pembayaran bunga utang kita cenderung menunjukkan peningkatan, utamanya bila dibandingkan dengan negara-negara lain," tuturnya.
 
"Jadi PR ke depan untuk Indonesia adalah bagaimana setelah pandemi covid-19 yang harus didorong dan ditingkatkan adalah peningkatan dari tax ratio," tambah Amalia.

(HUS)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id