comscore

Pasca-UU Cipta Kerja, 4 KEK Sukses Tarik Investasi

Eko Nordiansyah - 06 Juli 2022 19:43 WIB
Pasca-UU Cipta Kerja, 4 KEK Sukses Tarik Investasi
Ilustrasi Kawasan Ekonomi Khusus (KEK). Foto: Medcom.id
Jakarta: Kementerian Koordinator (Kemenko) Bidang Perekonomian mencatat investasi di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) telah mencapai Rp60 triliun setelah adanya Undang-Undang Cipta Kerja. Investasi ini datang setelah dibentuknya empat KEK baru.

Staf Ahli Bidang Regulasi, Penegakan Hukum dan Ketahanan Ekonomi Makro Kemenko Perekonomian Elen Setiadi menyebut, terjadi peningkatan investasi setelah adanya UU Cipta Kerja. Artinya keberadaan UU tersebut telah memberikan dampak positif.
"Peningkatan investasi di KEK ini sejak UU Cipta Kerja ada kita sudah ada investasi hampir Rp60 triliun. Ada empat KEK baru pasca UU Cipta Kerja," kata dia dalam video conference, Rabu, 6 Juli 2022.

Ia merinci, KEK Gresik Jawa Timur yang sudah diisi oleh groundbreaking pabrik smelter milik PT Freeport Indonesia. Kemudian ada KEK Lido Jawa Barat untuk pariwisata dan ekonomi kreatif yang dikelola oleh PT MNC Land dengan target penyelesaian akhir tahun ini.

"Kemudian KEK Nongsa (Batam) ini akan groundbreaking untuk data center, investasi sekitar Rp7 triliunan. Kemudian juga (KEK) Batam Aero Technic yang adalah MRO-nya Lions dan ini berjalan terus dan akan berkembang ditambah lahannya sekitar 20 hektare lagi," ungkapnya.
 
Baca juga: Wow! Komitmen Investasi di KEK Capai Rp60 Triliun


Elen menambahkan, pemerintah berharap investasi yang dihasilkan melalui keempat KEK ini bisa mencapai Rp90 triliun pada 2024 mendatang. Selain itu, pemerintah juga masih akan melihat lokasi lain yang dinilai potensial untuk menjadi KEK.

"Jadi ini luar biasa dan kami catat sudah hampir Rp60 triliun yang telah berkomitmen hingga 2022, harapan kami adalah dari empat ini saja bisa sampai Rp90 triliun sampai 2024. KEK lainnya pasca UU Cipta Kerja memiliki geliat yang baik," pungkas dia.


(HUS)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id